JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

CMSE 2020 Digelar Virtual, Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal

Ilustrasi grafik saham. pexels
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), menggelar Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020 secara virtual. Kegiatan selama sepekan, 19-24 Oktober itu, rangkaian peringatan 43 tahun diaktifkannya Pasar Modal Indonesia.

Sejalan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi serta inklusi masyarakat terhadap Pasar Modal Indonesia, CMSE 2020 dikemas dalam format seminar dan pameran Pasar Modal Indonesia, sebagai sarana untuk menampilkan peran dan fungsi dari seluruh lembaga, profesi, produk, dan layanan di Pasar Modal Indonesia kepada para stakehoders dan publik.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, CMSE kali ini berupa pameran para stakeholders pasar modal, seminar, dan kegiatan edukasi serta sosialisasi pasar modal yang seluruhnya secara daring alias virtual. Di CMSE 2020, tiap hari dilaksanakan dua sampai tiga seminar dan talk show menghadirkan narasumber di bidang pasar modal. Penyelenggaraan CMSE 2020 untuk menumbuhkan jumlah investor di Pasar Modal Indonesia.

“Tujuan lain CMSE 2020 mendukung pencapaian target penambahan jumlah perusahaan tercatat baru maupun nilai penggalangan dana di Pasar Modal Indonesia,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santo.

CMSE 2020 diikuti 10.000 peserta  terdiri dari calon investor, investor, perusahaan tercatat, dan calon perusahaan tercatat, serta menjadi ajang bertemunya stakeholders di pasar modal dan masyarakat umum secara virtual. CMSE 2020 menggunakan aplikasi berbasis website, pada alamat cmse.id, yang dibangun khusus sesuai kebutuhan pengunjung yang akan menghadiri acara ini.

“Pengunjung dapat mengakses booth/expo secara virtual dan menyaksikan seminar yang sedang berlangsung, melalui alamat website cmse.id tersebut,” paparnya.

CMSE 2020 menghadirkan beberapa kegiatan yang dapat diikuti oleh para pengunjung. Pertama adalah seminar utama bertema “Perkembangan Ekonomi Terkini dan Ketahanan Sektor Keuangan”, dengan pembicara Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, dan Ketua Dewan Komisioner OJK.

Seminar hari kedua bertema “Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional dan Ketahanan Sektor Riil yang disampaikan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Perindustrian, dan lainnya.

Selain seminar utama, di CMSE 2020 juga terdapat kegiatan seminar dan talk show terkait investasi di pasar modal. Seperti pameran virtual dari para stakeholders pasar modal seperti perusahaan sekuritas, perusahaan tercatat, manajer investasi, asosiasi, dan regulator. Pameran itu juga memudahkan para pengunjung untuk dapat membuka rekening saham dan reksa dana secara langsung.

Selain itu juga diadakan Workshop Go Public, yakni kegiatan sosialisasi pasar modal kepada calon-calon  Perusahaan Tercatat. Workshop Go Public ini didukung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com