JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Diisukan Meninggal, Mantan Wapres Hamzah Haz Masih Dirawat di ICU RSPAD Gatot Subroto. Kondisi Kesehatannya Menurun

Mantan Wakil Presiden RI, Hamzah Haz. Foto: wikipedia.org
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Beredar isu yang menyebut wakil presiden ke-9 RI, Hamzah Haz, meninggal dunia. Isu yang beredar melalui aplikasi pesan itu pun langsung dibantah Ketua DPP PPP, Syaifullah Tamliha, yang menegaskan bahwa Hamzah Haz masih dirawat di ruang ICU RSPAD Gatot Subroto.

Disampaikan Syaifullah, karena alasan kondisi kesehatan, Hamzah Haz telah selama sepekan terakhir menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Kondisinya sempat menurun hingga akhirnya dibawa ke ruang perawatan intensif (ICU). Namun ia menegaskan bahwa kabar meninggalnya mantan ketua umum PPP itu adalah hoaks.

“Tadi drop, masuk ke ICU. Sampai saat ini masih di ICU,” kata Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha dilansir dari Tempo.co, Senin (19/10/2020) sore.

Pernyataan Syaifullah menanggapi adanya pesan berantai yang menyebut Hamzah Haz telah berpulang. “Sudah kembali Ke-Rabb-NYA Putra Daerah Ketapang yang berprestasi hingga pernah Menjabat sebagai Wakil Presiden. Innalillahi wa’innaillaihi Roji’un telah meninggal dunia : Bapak H. Hamzah Haz, hari ini : Senin 19 Oktober 2020, Pukul: 13.45 WIB,” demikian tulis pesan yang sempat beredar luas di masyarakat.

Baca Juga :  Edhy Prabowo Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Partai Gerindra Minta Maaf kepada Presiden Jokowi

Bantahan senada juga disampaikan Sekretaris Jenderal PPP, Arsul Sani, yang mendapatkan informasi kondisi terakhir dari ajudan Hamzah Haz. Adapun Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi mengatakan Hamzah dibawa ke ruang perawatan intensif karena kesadarannya menurun.

“Mohon doa dari seluruh rakyat Indonesia supaya Pak Hamzah Haz disehatkan kembali, panjang umur,” kata Syaifullah.

Hamzah Haz dirawat karena sakit akibat gangguan fungsi organ. Arsul Sani sebelumnya mengatakan Hamzah mengalami gangguan fungsi organ karena faktor usia.

Baca Juga :  Ikut Rombongan KKP Kunker ke AS, Ngabalin Kisahkan Detik-detik KPK Tangkap Menteri Edhy Prabowo di Bandara

Hamzah Haz yang lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940, kini telah berusia 80 tahun. Beliau pernah menjabat sebagai wakil presiden pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Sebelum menjabat wakil presiden, Hamzah Haz merupakan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan dalam kabinet yang dibentuk KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pada Juli 2001, Hamzah terpilih sebagai Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, setelah memenangi pertarungan pemilihan wakil presiden di parlemen mengungguli Akbar Tanjung yang kala itu menjabat Ketua Umum Partai Golkar dan sejumlah nama lainnya.

Hamzah Haz juga dikenal sebagai Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) keempat yang memimpin dari 1998 hingga awal 2007 sebelum digantikan oleh Suryadharma Ali pada Februari 2007.

www.tempo.co