JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Dituduh Plagiat, Video Klip Lagu Terbaru Via Vallen ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ yang Baru Rilis Banjir Hujatan. Diadukan Netizen ke Agensi Korea Selatan

Via Vallen merilis video klip single terbaru, Kasih Dengarkanlah Aku. Foto: YouTube
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Penyanyi dangdut Via Vallen baru saja merilis video klip single terbarunya yang berjudul ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ pada Jumat (23/10/2020). Dalam lagu tersebut, Via Vallen turut menggandeng vokalis Dadali, Dyrga.

Namun bukan sambutan positif yang diterima Via Vallen, melainkan kritik dan hujatan netizen, yang menuding video klip terbarunya itu meniru atau memplagiat video klip dari penyanyi Korea Selatan, IU, yang berjudul ‘Above The Time’.

Netizen menilai, ide, alur cerita, setting, dekorasi, busana, bahkan bahasa tubuh yang ditampilkan dalam video klipKasih Dengarkanlah Aku’ itu mirip dari awal hingga akhir. Akibatnya, para penggemar IU pun membanjiri kolom komentar video klip yang diproduksi Ascadamusik itu dengan kritik dan hujatan. Mereka bahkan mengadukan video klip Via Vallen kepada Edam Entertainment, agensi yang menaungi penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu.

Tangkapan layar perbandingan video klip Via VallenKasih Dengarkanlah Aku’ dan video klip IUAbove The Time’. Foto: YouTube

“Terinspirasi dari karya seniman lain tidak apa-apa, tetapi menirunya secara langsung benar-benar tidak sopan terhadap seniman itu sendiri dan seluruh tim yang bekerja keras untuk itu. Saya berharap orang-orang yang bertanggung jawab untuk ini muncul dan menjelaskan karena sangat menyedihkan karena faktanya, video musik ini terang-terangan dijiplak dari Above the Time milik IU,” tulis salah seorang netizen.

“Ini enggak keren sama sekali, setidaknya berikan pujian yang layak bahwa ini terinspirasi oleh MV IU karena IU dan timnya sudah bekerja keras untuk itu,” komentar netizen lainnya dalam bahasa Inggris.

Tak hanya di YouTube, kritikan juga dilontarkan netizen di media sosial Twitter, hingga nama Via Vallen pun menjadi trending topic di Indonesia. Di Twitter bahkan komentar yang dilayangkan lebih keras.

“Enak benar ini yang bikin konsep MV-nya Via Vallen, ga pake mikir tinggal copas dari MV Above the Time-nya IU wkwkwk,” komentar salah satu netizen.

“Yang gue gak habis pikir, Via Vallen namanya tuh tahun lalu (2018) lagi up gara-gara nyanyi di acara Asian Games, seluruh negara di Asia nonton dia, dan dia ngeplagiat MV-nya IU yang udah ditonton 15 juta orang? Gimana gak malu gue sebagai Warga Negara Indonesia,” komentar netizen lainnya.

Melihat derasnya kecaman, pihak produser, Ascadamusik menjelaskan di kolom komentar video musik ‘Kasih Dengarkanlah Aku’. Menurut mereka, manajemen hanya menerima seluruh konsep video yang ditawarkan sutradara. “Hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami sama sekali tidak mengetahuinya, dan sedang meminta klarifikasi dari sutradara,” tulis mereka.

Ascadamusik juga membela Via Vallen dan Dyrga. “Pihak artis dalam hal ini, Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip,” lanjut penjelasan tersebut.

Sehari setelah dirilis video musik lagu ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ milik Via Vallen telah ditonton hingga lebih dari 100.000 kali. Sementara video klipAbove The Time’ milik IU yang rilis pada November 2019 lalu telah diputar sampai lebih dari 15 juta kali.

https://www.youtube.com/watch?v=7e5TChc1AqY

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com