JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Fakultas Hukum Unisri Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat Angkatan I

Ketua DPN Peradi, Dr. Achiel Suyanto, SH, MH, MBA, membuka PKPA Angkatan I / dok Humas Unisri Surakarta
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

IMG 20201024 WA0045
Ketua DPN Peradi, Dr. Achiel Suyanto, SH, MH, MBA, membuka PKPA Angkatan I / dok Humas Unisri Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka membantu mencetak tenaga advokat yang kompeten dan profesional, Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta bekerja sama dengan DPN Peradi menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Acara pembukaan dilakukan, Sabtu (24/10/2020), bertempat di Gedung H Unisri, dihadiri jajaran pengurus yayasan, rektorat, dekan dan pengurus Peradi Solo.

Ketua Pelaksana kegiatan, Dr YB Irpan menjelaskan, PKPA angkatan pertama diikuti 15 peserta. Kegiatan akan dilaksanakan 30 sesi, sepekan dua kali, Sabtu dan Minggu.

Penyelenggaraan kegiatan mengacu pada kurikulum yang disusun oleh DPN Peradi. Dengan komposisi pengajar dari kalangan praktisi hukum dan akademisi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unisri, Dr. Lusia Indriastuti, SH, MSi, mengatakan pembukaan PKPA dalam rangka mendukung kompetensi dan profesionalisme lulusan S1 Fakultas Hukum agar memiliki keunggulan bersaing dalam persaingan kerja.

Baca Juga :  Kemendikbud Buka Lowongan 1 Juta Guru PPPK di Tahun 2021, Seleksi Terbuka untuk Guru Honorer dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru

“Kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi lulusan fakultas hukum. Selepas S1 bisa mengambil PKPA atau melanjutkan ke jenjang S2, Magister Ilmu Hukum atau mengambil kedua-duanya di Unisri, ” ungkapnya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Sutardi, M.AppSc, menyambut gembira atas dibukanya PKPA karena turut berkontribusi terhadap tersedianya profesi advokat yang kompeten dan profesional.

“Bonus demografi yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, membuat perbandingan jumlah advokat masih sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah penduduk, maka langkah tepat bila fakultas hukum Unisri yang sudah berusia 40 tahun ini untuk membuka PKPA, karena didukung sumberdaya dan fasilitas dan jaringan yang memadai, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Mulai Januari 2021, Kota Bogor Bakal Gelar Sekolah Tatap Muka

Kegiatan PKPA angkatan pertama dibuka secara resmi oleh DPN Peradi, Dr. Achiel Suyanto, SH, MH, MBA, dalam kata sambutan memaparkan PKPA yang diselenggarakan Fakultas Hukum Unisri dengan Peradi merupakan kerjasama yang ke 166.

“PKPA ini bukan transfer ilmu, namun lebih banyak transfer pengalaman, maka komposisi pengajar 70 % dari kalangan praktisi hukum dan 30 % dari kalangan akademisi. Sehingga peserta benar-benar mendapatkan bekal langsung dari para praktisi hukum, baik dari kalangan jaksa, hakim, dan profesional terkait, ” tandasnya.

Kegiatan PKPA dibuka secara simbolis dengan pengetukan palu oleh Ketua DPN Peradi, Achiel Suyanto, yang didampingi jajaran pengurus yayasan, rektor dan dekan Fakultas Hukum serta pengurus Peradi Solo, M. Badrus Zaman, SH, MH. suhamdani