JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Harimau Sumatera Mangsa 2 Ekor Sapi di Perkampungan Aceh Selatan, Kondisinya Mengenaskan, Ada Bekas Cakar dan Gigitan

Iluatrasi Harimau. pexels
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM — Harimau Sumatera memangsa dua ekor sapi di sebuah perkampungan di Aceh Selatan. Sapi-sapi tersebut ditemukan dalam keadaan tewas dengan luka bekas cakar dan gigitan.

Warga Gampong Durian Kawan, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, sejak beberapa hari terakhir ini diresahkan dengan penampakan Harimau Sumatera.

Raja hutan itu kembali terlihat berkeliaran di wilayah perkebunan dekat perkampungan penduduk setempat, dan telah memangsa sapi milik warga setempat.

Informasi yang didapat Serambi dari Camat Kluet Timur, Moeriadi SE, sudah dua ekor sapi warga ditemukan mati menggenaskan dimangsa harimau tersebut.

“Dua ekor sapi betina milik masyarakat ditemukan mati dengan bekas luka cakar dan gigitan di sekujur tubuh,” kata Moeriadi.

Baca Juga :  Pemicu Korupsi, Firli: Banyak Calon Kepala Daerah Sudah Gadaikan Kekuasaannya saat Kampanye

Kedua ekor sapi itu ia sebutkan, merupakan milik Sapar, warga Dusun Labah Rambung, Gampong Durian Kawan, Kecamatan Kluet Timur.

Sebelumnya, sang pemilik menduga sapi tersebut hilang karena tak pulang ke kandangnya.

“Setelah dilakukan pencarian, akhirnya pada Jumat sekitar pukul 10.00 WIB bangkai sapi itu ditemukan. Di sekujur tubuhnya ada bekas cakaran harimau,” ucap Camat.

Melihat kondisi bangkai, diperkirakan kedua ekor sapi itu dimangsa dalam rentang waktu berbeda. “Diperkirakan, yang seekor dimangsa pada Kamis malam dan seekor lagi pada Jumat pagi,” sebut Moeriadi.

Baca Juga :  Tak Akan Terbitkan Perpu Soal UU Cipta Kerja, Jokowi Siap Lakukan Koreksi

Sang pemilik ternak kemudian menghubungi petugas melaporkan kondisi tersebut. Jumat kemarin, Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Subulussalam Resort 15 Tapakatuan bersama WCS-IP (WRU Aceh Selatan) langsung turun ke lapangan melaksanakan kegiatan respon konflik harimau.

“Tim sudah melakukan pemasangan empat kamera trep di sekitaran lokasi dan rencananya bangkai akan kami tanam untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan,” ujarnya. “Sejak malam kemarin tim sudah stand by di lokasi dan melakukan upaya pengusiran menggunakan marcon,” tambah Camat Kluet Timur ini.

www.tribunnews.com