JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jangan Kaget, Bakal Lebih Banyak Tes Swab Digelar di Wonogiri, Semakin Cepat Diketahui yang Terinfeksi Kian Cepat Pula Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa (kanan) dan Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma (tengah) memantau tes swab penumpang bus AKAP di Terminal Giri Adipura Krisak Selogiri. JSnews. Aris Arianto
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa (kanan) dan Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma (tengah) memantau tes swab penumpang bus AKAP di Terminal Giri Adipura Krisak Selogiri. JSnews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkab Wonogiri saat ini memasifkan tes swab COVID-19. Semakin banyak sasaran yang diswab dengan harapan kian mempercepat langkah memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya tes swab yang dilakukan dengan banyak sasaran. Justru dengan dilakukannya swab ini malah lebih cepat upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Justru dengan dilakukannya swab ini malah lebih cepat upaya kita memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Semakin cepat kita ketahui kalau ada yang terkonfirmasi positif juga semakin cepat kita bertindak. Ini wujud komitmen kita dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19,” kata Plt Bupati, Minggu (18/10/2020).

Baca Juga :  Kapan Car Free Day atau Car Free Sunday Wonogiri Dibuka Kembali? Simak Penjelasan Pemkab Berikut ini,Kuy

Dia membeberkan, telah dilakulan uji swab terhadap ibu hamil, penumpang kedatangan bus AKAP dan PKL. Terlebih stok alat swab yang dimiliki diklaim sudah sangat mendukung.

“Uji swab ibu hamil kan sudah dan bahkan sampai saat ini terus berlanjut, khususnya bumil yang usia kandungannya mendekati persalinan atau di trisemester ketiga,” ujar dia.

Menurut dia, pekan lalu pemkab sudah melakukan banyak pengambilan swab. Sudah ada sekitar 800 sampel yang diuji dalam sepekan. Seperti, pengambilan sampel swab yang menyasar penumpang kedatangan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri. Juga dilakukan tes swab bagi pedagang kaki lima (PKL) Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri.

Baca Juga :  816 KK, ini Jumlah Warga Kecamatan Karangtengah Wonogiri yang Menerima Bantuan BLT DD

“Untuk stok alat yang kita miliki saat ini sangat memadai. Sebab, kita kemarin dapat kiriman VTM atau alat swab sebanyak 6.600-an,” katanya.

Alat-alat itu nantinya digunakan melakukan swab bagi masyarakat yang melakukan kontak erat atau yang memiliki resiko terpapar COVID-19. Seperti lansia yang memiliki komorbid alias penyakit bawaan. Bahkan, baru-baru ini pihaknya juga mendapat permintaan uji swab untuk sopir bus dan juga kru bus dari PO atau agen bus. Juga Pemkab akan melakukan uji swab di pondok pesantren. Aria