JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kasus Covid-19 Meledak, Wali Kota Solo Minta Warga Tak Adakan Acara Keluarga yang Libatkan Banyak Orang

Ilustrasi grafik kasus Covid-19. Pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo melarang warganya menggelar acara keluarga yang mengumpulkan massa. Pasalnya, hal itu berpotensi pada penyebaran virus Corona.

Menurut Rudy, jika warga ingin mengadakan acara keluarga, sebaiknya hanya diikuti oleh anggota keluarga inti saja.

“Jangan yang mengumpulkan massa. Kalau mau adakan acara ulang tahun, ya keluarga inti saja. Ndak perlu yang lain,” ujarnya, Senin (19/10/2020).

Dengan jumlah kasus positif covid-19 di Kota Solo yang hampir menyentuh angka 1000, Rudy dengan tegas menghimbau agar masyarakat tidak kendor menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Sekarang Parkir di Solo Grand Mall Hanya Rp 1 Saja, Syaratnya?

“Tetap pakai masker, sering cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir. Air dari gayung yang disiram itu juga termasuk air mengalir. Dan tetap jaga jarak,” tegasnya.

Sebelumnya, penambahan kasus positif covid-19 di Kota Solo kembali menunjukkan angka fantastis. Per Minggu (18/10/2020), Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo mencatatkan penambahan kasus baru covid-19 sebanyak 59 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengungkapkan, mayoritas penambahan kasus tersebut berasal dari klaster perkantoran dan klaster keluarga.

Baca Juga :  Siap-siap, Warga Solo yang Nekat Mudik di Akhir Tahun Akan Dikarantina di Beteng Vastenburg

“Dari klaster perkantoran sebanyak 13 kasus. Kemudian beberapa klaster keluarga yang totalnya mencapai 23 kasus,” paparnya.

Penambahan tersebut salah satunya dari tracing 18 kasus induk ekornya ada 36 orang. Diantaranya satu induk membawa 13 orang yang klaster kantor, kemudian ada klaster keluarga yang bawa sembilan ekor.

“Sisanya bawa satu dua ekor. Terus ada yang swab mandiri dua kasus, pasien suspek naik kelas 7 kasus, dua kasus dari screening warga risiko tinggi. Jumlahnya 59 kasus,” ujarnya. Prihatsari