JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Komisi I DPRD Solo Pertanyakan Pemasangan guiding block di Taman Cerdas Gilingan yang Akan Segera Diresmikan

Komisi I DPRD Solo melakukan Sidak ke Taman Cerdas Gilingan, Rabu (7/10/2020). Foto: Triawati PP

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pembangunan Taman Cerdas Gilingan dinilai tidak memuaskan. Meskipun pembangunan taman cerdas tersebut sudah mencapai tahap finishing, namun beberapa hal dinilai masih perlu perbaikan.

Hal itu terungkap dari hasil sidak Komisi I DPRD Solo ke taman tersebut, Rabu (7/10/2020). Salah satu yang menjadi sorotan dari pembangunan taman tersebut yaitu drainase yang tidak tertutup dan arahnya yang tidak menuju sungai besar.

“Apakah perencanaannya memang seperti itu atau tidak. Tapi itu kesalahan fatal. Karena taman cerdas kan untuk anak-anak, jadi sangat membahayakan,” ujar Ketua Komisi I DPRD Solo, Suharsono.

Baca Juga :  Wali Kota Solo Tak Larang Warganya Mudik Saat Libur Panjang, Asal Terapkan Ini

Selain itu, guiding block yang berada di taman tersebut dinilai tidak ramah tuna netra. Padahal, seharusnya guiding block dibuat khusus untuk tuna netra. Namun ada jalur putus pada guiding block di taman cerdas Gilingan dan beberapa jalur curam.

Baca Juga :  Sekretariat Pemuda Pancasila Solo Disegel Anggota yang Mengatasnamakan Majelis Pimpinan Arus Bawah, Ini Alasannya

“Sepertinya yang membuat ini (guiding block) tidak faham artinya. Dan ini akan segera diresmikan. Sebelum itu harus diperbaiki,” tegas Suharsono.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Ginda Ferachtriawan menyayangkan pemasangan guiding block yang salah. Sebagai pelaksana proyek semestinya pengetahuan tentang jalur tuna netra harus dimengerti.

“Kalau memang tidak tahu, saya kira juga tidak. Daripada nanti diprotes orang lain, lebih baik langsung kita ingatkan,” pungkasnya. Prihatsari