JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa FKIP UNS Raih Juara 1 Desain Poster Nasional

madu borneo
madu borneo
madu borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memenangkan kompetisi desain poster tingkat nasional.

Alif Sholihin, mahasiswa yang saat ini tengah duduk di semester 9 tersebut berhasil menempatkan diri pada peringkat pertama dengan mengalahkan sebanyak 80 peserta lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Alif menjuarai kompetisi `Public Relation Action 2020` yang diselenggarakan secara daring oleh Program Vokasi Hubungan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) pada September lalu.

“Perasaan saya saat diumumkan meraih juara 1 tentu senang. Apalagi di sela-sela mengerjakan skripsi dan menunggu revisian dari dosen pembimbing skripsi masih bisa memanfaatkan waktu untuk berprestasi,” paparnya, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga :  UNS Pastikan Aktifitas Kantor Tetap Berjalan Meski Lockdown

Menurut Alif, konsep karya yang diusungnya berupa visualisasi manusia dalam bentuk catur.

“Desain poster ini menyampaikan pesan untuk bersama, bersatu, dan bertoleransi agar tetap terintegrasi selama pandemi Covid-19. Tergambar ada satu orang yang terisolasi karena Covid-19 yang berdiri di atas bagian papan catur yang rapuh. Di sisi lain orang-orang sekitarnya dengan ramah dan semangat memberi dukungan moral,” jelas Alif.

Pengumpulan karya poster tersebut dilaksanakan sejak Agustus hingga 1 September. Kemudian dilakukan penjurian juara favorit pada 1-10 September sedangkan penjurian juara utama dilakukan pada 2-18 September 2020. Setelah melalui penjurian yang cukup lama, hasil lomba diumumkan melalui siaran langsung kanal Youtube PR Action dan akun Instagram @pr.action.

Baca Juga :  Pengurus IKA Unpad periode 2020-2024 Dilantik di Gedung Sate Bandung

Alif bercerita, dalam beberapa bulan terakhir telah meraih beberapa kejuaraan desain baik tingkat nasional maupun internasional. Sebelum menutup wawancara, Ia berharap dapat memicu semangat teman-teman lain untuk terus berprestasi.

“Semoga ke depannya makin banyak lagi mahasiswa UNS yang menyumbangkan prestasinya baik di kancah regional, nasional, maupun internasional,” tukasnya. Prihatsari