JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ponpes Budi Utomo Jadi Ponpes Siaga Candi Kedua, Ini Pesan Kapolresta Surakarta

pimpinan Ponpes Budi Utomo Muhammad Thoyibun, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Dandim 0735/Surakarta Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji, dan tim Satgas Covid-19 Kota Solo saat di ponpes Budi Utomo Solo, Foto: JSNews/Prabowo
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —ย Pondok Pesantren (Ponpes) Budi Utomo LDII yang berada di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo dicanangkan jadi Ponpes Siaga Candi kedua di Kota Bengawan.

Dalam pencanangan itu, hadir pimpinan Ponpes Budi Utomo Muhammad Thoyibun, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Dandim 0735/Surakarta Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji, dan tim Satgas Covid-19 Kota Solo serta tamu undangan serta para santriwan dan santriwati. Sebelum Budi Utomo,ย Ponpes Al Muayyad Mangkuyudan Solo juga dicanangkan hal serupa.

Muhammad Thoyibun menjelaskan, pihaknya sudah lamaย tanggap terhadap Covid-19ย dengan menyiapkan berbagai fasilitas termasuk ruang karantina. Kemudian ruang kelas juga menggunakan sistem social distancing, serta penyediaan tempat cuci tangan di berbagai lokasi kawasan pondok.

Baca Juga :  Sidang Perdana Sengketa Pilpres, Gibran: Kita Ikuti Prosesnya Saja

“Semua kegiatan apapun baik sholat maupun pengajian selalu dilaksanakan dengan protokol kesehatan.ย Kami semua guru selalu kerja sama untuk menata tempat yang disiapkan bagi para santri menjalankan aktivitas,” ungkap Thoyibun kepada awak media.

Dalam aktivitas era new normal, dari total 600-an santri, saat ini pihaknya baru menampung maksimal 100 orang saja. Sementara santri yang lain menjalani pembelajaran dengan sistem daring.

“Semua yang datang dengan cek kesehatan dan dilakukan karantina. Santri yang datang dari wilayah sekitar dulu,” tuturnya.

Sementara itu Kapolesta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaksan program Ponpes Siaga Candi merupakan terobosan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi. Program itu berangkat dari analisa dan evaluasi berkait munculnya klaster baru Covid-19, termasuk di lingkungan Ponpes.

Baca Juga :  Bayar Zakat Fitrah Makin Mudah, Ini Besaran dan Caranya

“Sehingga lahirnya terobosan Ponpes Siaga Candi untuk menjawab tantangan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” tegas Ade Safri.

Secara umum, mantan Kapolres Karanganyar itu menilai Ponpes Budi Utomo siap dan lengkap dalam menjalankan protokol kesehatan. Dalam pantauannya, bahkan saat makan satu santri menggunakan satu alat, sehingga tidak tercampur dengan lain.

“Penerapan protokol kesehatan lain juga bagus, ada tempat cuci tangan, jaga jarak di kelas. Ini salah satu yang terbaik di Kota Solo,” papar dia. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com