JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Resiko Tinggi, Puluhan Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri Termasuk Petugas Pengangkut Sampah Jalani Rapid Test, Seperti ini Hasilnya

   

 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Puluhan pegawai di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wonogiri menjalani rapid test di kantor setempat, Kamis (1/10/2020). Hasilnya tidak ada satupun yang reaktif.

Sekretaris DLH Wonogiri Toto Prasojo kepada wartawan mengatakan, para pegawai yang menjalani rapid test merupakan pegawai yang beresiko tinggi. Termasuk para petugas pengangkut sampah.

“Nah, yang beresiko tinggi ini di bagian kebersihan. Mereka sering kontak langsung dengan sampah,” jelas Toto.

Dia mengatakan pegawai yang menjalani rapid test sebanyak 80 orang. Rapid test merupakan upaya preventif meminimalisir dan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corana.

Lebih lanjut Toto mengatakan, di masa pandemi ini pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan ketat terhadap pegawai. Bahkan, ada perubahan besar yang dilakukan dinasnya. Dimana armada pengangkut sampah berupa 16 truk dan 11 mobil bak terbuka, ketika keluar masuk garasi kantor harus dalam keadaan bersih.

Baca Juga :  Anak TK Pengin Jadi Anggota Dewan, Diundang PIIAD Wonogiri Sekalian Kartinian, PAP? Ini Loh

“Keluar dari kantor bersih, sesudah membuang sampah di TPA harus dicuci. Jadi, balik ke kantor sudah bersih. Petugasnya pun harus segera mandi. Selain itu, pada armada juga dilengkapi dengan jeriken berisi air untuk cuci tangan,” beber Toto.

Kepala UPT Puskesmas Wonogiri I Pitut Kristiyanta Nugraha menambahkan, kegiatan rapid test yang dilakukan kepada tenaga kebersihan di DLH Wonogiri merupakan bentuk antisipasi. Sebab mereka memiliki resiko tinggi terpapar virus Corona.

“Mereka setiap hari bersinggungan langsung dengan sampah. Kan mereka itu juga tidak tahu sampah yang diambil itu asalnya darimana. Bisa saja ada sampah yang berpotensi menularkan virus Corona. Jadi, upaya kita ini untuk memutus mata rantai persebaran Corona. Jangan sampai resiko kerja ini menjadi resiko keluarga di rumah,” terang Pitut.

Baca Juga :  Horegg! Gempa Pacitan 5,1 Senin 22 April 2024 Terasa Sampai Wonogiri

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma mengatakan, dari 80 pegawai DLH yang di-rapid test hasilnya nonreaktif semua. Meski begitu, pihaknya mewanti-wanti agar dalam beraktivitas mereka tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Pihaknya juga telah melakukan rapid test terhadap ASN di sejumlah dinas atau pelayanan publik lainnya di Wonogiri.
Misalnya Disdukcapil, Satpol PP, Kejari, DPMPTSP, BPBD, dan lainnya. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com