JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Sat Sabhara Polresta Solo Dapat Kiriman 2 Anjing dari Mabes Polri, Toro Ahli Deteksi Bahan Peledak dan Dragon Si Pelacak

Sat Sabhara Polresta Surakarta mendapat kiriman dua anjing personel K9 dari Mabes Polri. Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sat Sabhara Polresta Surakarta mendapat kiriman dua anjing personel K9. Anjing yang didatangkan dari Belanda itu dihibahkan dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri ke Polresta Solo.

Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, Brigjen Pol Haryanto menjelaskan dua anjing masing-masing Dragong dan Toro yang berjenis Belgian Malinois dihibahkan untuk membantu tugas personel di lapangan.

“Hari ini diserahkan ke Polresta Solo untum penguatan kekuatan. Mohon hewan ini dirawat dengan baik,” kata Haryanto, Kamis (15/10/2020).

Dikatakan, dua jenis satwa yang didatangkan memiliki dua spesifikasi berbeda. Satu ekor memiliki kemampuan pelacak bahan peledak, sedangkan satu  ekor lagi untuk pelacakan umum dan masih bisa digunakan untuk pengendali massa.

Baca Juga :  Kumpulan Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW Bahasa Indonesia dan Inggris, Pas untuk Status Medsos dan Dikirim via WA

“Meski sudah memiliki ke ahlian, kemampuan mereka ini tetap harus dilatih agar semakin terasah,” jelas Haryanto.

Wakapolresta Surakarta, AKBP Denny Hariyanto mengatakan, dengan tambahan dua satwa ini, unit K9 semakin lengkap. Dimana sebelumnya Unit K9 Satsabhara Polresta Solo sudah memiliki satwa yang memiliki keahlian mendeteksi narkotika, sedangkan tiga memiliki spesifikasi pengamanan umum dan anti huru hara.

“Dengan ini, kami bisa mendeteksi bila disuatu tempat ada handak yang dipendam, kemudian apabila ada benda mencurigakan disuatu tempat bisa dipastikan apakah ada handak atau tidak. Kemudian yang satu bisa membantu kita mengungkap aksi kejahatan. Atau mencari korban bencana yang tertimbun,” kata Denny.

Baca Juga :  Peringatan 92 Tahun Sumpah Pemuda: Ini Kumpulan Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang Pas Dibagikan via Medsos atau WhatsApp

Untuk pengendalian massa, lanjut Denny, tergantung dari masing-masing kondisi satwa.

“Kalau masih sehat masih mampu, bisa dikendalikan pawangnya jangka 5 tahun maksimal bisa bertugas,” tegas dia. Prabowo

Nama dua anjing baru K9 Sabhara Polresta Solo

1. Nama: Dragon
Jenis: Belgian Malinois
Umur: 1 tahun 8 bulan
Jenis kelamin: Jantan
Warna: Coklat hitam
Keahlian: Pelacakan umum

2. Nama: Toro
Jenis Belgian Malinois
Umur: 1 tahun 2 bulan
Jenis kelamin: Jantan
Warna: Coklat
Keahlian: Pelacakan bahan peledak