JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Timnas U-19 Hanya Bermain Imbang Lawan Makedonia Utara, Pelatih Shin Tae-yong: Kondisi Lapangan Kurang Bagus

Pemain Timnas U-19 Indonesia saat berhadapan dengan pemain Makedonia Utara dalam pertandingan uji coba di Stadion NK Uslok Klis, di kota Split, Kroasia, Rabu (14/10/2020). Foto: pssi.org

KROASIA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim sepakbola nasional Indonesia U-19 hanya meraih hasil imbang tanpa gol dalam laga uji coba melawan Makedonia Utara, Rabu (14/10/2020) malam WIB. Atas hasil itu, pelatih Garuda Muda, Shin Tae-yong menilai para pemainnya sudah berjuang keras.

“Pemain sudah bekerja keras, namun belum menunjukkan performa terbaik. Hari ini lapangan kurang bagus, jadi pemain tidak bisa optimal,” kata pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (15/10/2020).

Pertandingan uji coba yang digelar di Stadion NK Uslok Klis, di kota Split, Kroasia, kemarin itu, menjadi pertemuan kedua Timnas U-19 dengan Makedonia Utara. Pada uji coba sebelumnya, Minggu (10/10/2020), Beckham Putra dkk mampu meraih kemenangan besar 4-1.

Baca Juga :  TC di Kroasia Usai, Timnas U-19 Belum Punya Program Latihan Lanjutan. PSSI: Kami akan Berdiskusi dengan Pelatih

Memang di uji coba kemarin, pelatih melakukan sejumlah perubahan, di antaranya merotasi beberapa pemain yang diturunkan sejak awal pertandingan. Pemain seperti Bayu Fiqri, Beckham Putra, dan M Bahril bermain sejak menit pertama. Beberapa kali serangan dan peluang Garuda Muda tak mampu dikonversi menjadi gol.

Shin Tae-yong mengakui bahwa timnya masih memiliki banyak kekurangan. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut Pratama Arhan dan kawan-kawan harus meningkatkan power, passing yang lebih detail, dan cepat mencari ruang kosong di pertahanan lawan. “Untuk mental, fisik, stamina saya kira pemain sudah lebih baik. Ke depan kami harus perbaiki kekurangan yang ada,” tambah pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Sementara itu menurut salah satu pemain, Pratam Arhan, yang dipercaya menjadi kapten Timnas U-19 dalam uji coba kali ini, mengatakan bahwa dirinya dan rekan-rekan pemain lainnya sudah berjuang keras dan maksimal. Ia pun mengakui masih perlu ada perbaikan dalam permainan tim.

Baca Juga :  Batal ke Prancis, PSSI Bidik Jepang dan Belanda sebagai Lokasi Pemusatan Latihan Timnas U-19

“Kita perlu perbaikan di semua lini, komunikasi antar lini juga kita perbaiki. Alhamdulillah saya tadi dipercaya pelatih menjadi kapten, tentu saya harus selalu bermain baik dan maksimal,” kata pemain asal PSIS Semarang itu.

Setelah pertandingan uji coba ini, Timnas U-19 Indonesia masih akan menjalani tiga kali laga uji coba, yakni menghadapi Bosnia-Herzegovina dalam dua kali laga pada Selasa (20/10/2020) dan Jumat (23/10/2020), serta satu laga uji coba lagi yang rencananya akan dihelat pada Senin (26/10/2020), tetapi lawannya belum ditentukan.