JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Viva Yogya: Tak Ada Satupun Anggota Legislatif Ikuti Jejak Amien Rais di Partai Baru

Viva Yoga Mauladi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengatakan, sampai saat ini tidak ada satupun anggota legislatif, baik di DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota maupun kader di lembaga eksekutif yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung di Partai Ummat besutan Amien Rais.

Viva Yoga hakulyakin kader dan pengurus PAN tetap bersama dan tidak akan keluar mengikuti jejak Amien Rais.

“Jika ada anggota yang keluar dari PAN dan ikut Partai Ummat, itu hanya sebagian kecil saja. Non signifikan,” katanya.

Baca Juga :  Survei: Kenaikan Elektabilias Partai Gerindra Paling Tinggi

Lantaran sudah resmi keluar dari PAN dan mendirikan partai baru, ujar Viva Yoga, Amien Rais sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN.

“Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga :  Terjerat Kasus Suap DAK, Walikota Tasikmalaya Ditahan KPK

Dia menuturkan, PAN menyambut baik kehadiran Partai Ummat di gelanggang politik Indonesia. Ia berujar secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda.

“PAN berideologi Nasionalis-Relijius, Partai Ummat itu partai Islam. Keperbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat,” ucap dia.

Menurut Viva, PAN tidak ada program khusus untuk menanggapi berdirinya Partai Ummat. PAN saat ini fokus membantu pemerintah dalam hal penanganan Covid-19.

www.tempo.co