JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Warga Desa Kemuning Karanganyar Terjun Susuri Jalan Untuk Punguti Sampah Berserakan. Minta Wisatawan Tak Buang Sampah Sembarangan!

Warga Desa Kemuning, Karanganyar saat terjun memunguti sampah berserakan di jalan, Minggu (18/10/2020). Foto/Beni
madu borneo
madu borneo
madu borneo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga Desa Kemuning, rela bergotong-royong memunguti sampah di lingkungan masing-masing Minggu (18/10/2020).

Acara tersebut sengaja dilakukan guna menyadarkan para wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan termasuk di kawasan wisata.

Kadus Desa Kemuning, Harsono mengatakan kegiatan tersebut sudah berlangsung selama satu bulan dan dilakukan tiap hari minggu yang mana saat banyak wisatawan berkumpul.

Sehingga wisatawan menyadari tentang pentingnya dampak dari membuang sampah apalagi di kawasan wisata.

“Disadari atau tidak di kawasan wisata Kemuning mulai banyak sampah dibuang sembarangan sehingga kami berikan edukasi dengan membersihkan sampah,” ujarnya, Minggu (18/10/2020).

Baca Juga :  Takut Jadi Klaster Baru Covid-19, Pembagian Raskin Desa Pendem Mojogedang Dialihkan Sementara ke Rumah Warga. Balai Desa Juga Disemprot Total Buntut Ada Istri Perangkat Desa Terpapar Corona

Harsono menjelaskan jika tidak dimulai dari sekarang langkah edukasi sampah maka kemungkinan besar jangka panjang sampah bisa semakin besar.

Menurutnya hal itu berpotensi sangat mengganggu ikon Kemuning sebagai daerah wisata karena daerah wisata yang bersih sejuk dan nyaman.

Harsono juga meminta semua pengelola obyek wisata bisa menekankan tentang larangan membuang sampah. Sebab daerah wisata sangat riskan jika mulai tumbuh sampah liar. Baik itu sampah di jalanan atau di obyek wisata.

Baca Juga :  69 Pejabat Karanganyar Dimutasi, Direktur Utama RSUD Lengser. Bupati Ingatkan Semua Pejabat Harus Bantu Majukan Karanganyar!

Ia mengajak semua komponen masyarakat Kemuning mulai concern terhadap maraknya sampah di area wisata Kemuning.

“Dari sekecil ini harus mulai dicegah agar wisatawan ataupun siapa saja tidak membuang sampah sembarangan di kawasan wisata Kemuning,” tukasnya.

Acara edukasi sampah wisata itu diikuti oleh mayoritas warga Desa Kemuning. Warga menyisir tempat-tempat wisata guna memunguti sampah wisata tersebut. Beni Indra