JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Wisatawan di Kawasan Borobudur Dirapid Test, 23 Orang Reaktif

Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang menggelar rapid test dan swab terhadap wisatawan yang berlibur ke sekitar Candi Borobudur. Istimewa

MUNGKID, JOGLOSEMARNEWS.COM — Selama dua hari ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang menggelar rapid test dan swab terhadap wisatawan yang berlibur ke sekitar Candi Borobudur. Dari 305 sampel rapid test, ada 23 wisatawan yang reaktif.

“Hari pertama ada 15 yang reaktif dari 155 sample. Sedangkan hari kedua ini, ada 8 yang reaktif dari 150 sampel. Namun setelah dilakukan swab terhadap 23 yang reaktif tersebut, hasilnya negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, belum lama ini.

Baca Juga :  Main di Sungai Berujung Maut, Bocah 9 Tahun Tiba-tiba Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Sungapan. Dua Temannya Lolos

Pihaknya melakukan test rapid terhadap wisatawan itu, sebagai tindaklanjut arahan Gubernur Jawa Tengah, nomor: 440/7813/3 tertanggal 26 Oktober 2020.
Rapid tes dilakukan selama lima hari mulai 28 Oktober hingga 1 November mendatang.

“Kegiatan ini menindaklanjuti arahan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam rangka menghadapi libur panjang sebagai antisipasi dan deteksi dini Covid-19 di Jawa Tengah, “kata Retno yang juga Kepala Bidang Operasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang.

Baca Juga :  Pemkab Magelang Tak Akan Buru-buru Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Ini Alasannya

Selain di wilayah ini, lanjut Retno, rapid test dan swab ini juga dilakukan di enam lokasi yang lain. Meliputi Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Wisata Dusun Semilir Semarang, Dieng Wonosobo, Owabong Purbalingga, Tawangmangu Karanganyar dan Terminal Pati.

Untuk Kabupaten Magelang, dilaksanakan di Halaman TIC Borobudur. Sedangkan waktu pelaksanaannya, mulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB selama lima hari tersebut,” pungkasnya. Ris|Satria Utama