JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Anggaran Polres Karanganyar 2021 Hanya Naik 0,21 % Sebesar Rp 80.750 Miliar, Kapolres Mengaku Tetap Bersyukur. Berharap Spirit Kinerja Tak Kendor Untuk Beri Pelayanan Terbaik!

Foto/Beni
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masa pandemi covid turut berimbas pada alokasi anggaran Polres Karanganyar.

Anggaran untuk tahun 2021 hanya naik tipis 0.21% atau Rp 80,750 miliar dibandingkan anggaran tahun 2020 sebesar Rp 80.756 miliar.

Alokasi itu turun dari pagu anggaran yang diajukan Polres sebesar Rp 92 miliar. Namun terkoreksi dan hanya disetujui kenaikan 0.21%.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi mengatakan kenaikan itu difokuskan untuk alokasi belanja pegawai dan belanja barang.

Meskipun diakui pengajuan berdasar kebutuhan pagu DIPA Polres Karanganyar Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 92 miliar.

“Kami tetap bersyukur meski alokasi anggaran hanya naik tipis 0.21%. Namun spirit kinerja Polres Karanganyar terus konsisten untuk memberikan pelayanan terbaik,” tandas Kapolres disela acara Sosialisasi Pagu Alokasi Anggaran Polres Karanganyar Tahun 2021 di Mapolres setempat, Jumat (20/11/2021).

Kapolres menegaskan berdasar laporan dari Polda Jateng diketahui untuk Tahun Anggaran TA 2021 terjadi fluktuasi dan variasi anggaran.

Yakni ada Polres yang mendapat kenaikan anggaran belanja barang. Namun ada juga yang anggaran belanjanya stagnan alias tidak ada kenaikan.

Baca Juga :  Makin Mengganas, Kasus Covid-19 Karanganyar Meroket Jadi 1.225 Positif. Jumlah Warga Meninggal Sudah Capai 194 Orang

Adapun khusus untuk Dana Hibah dari Pemkab Karanganyar, Kapolres menjelaskan dana tersebut direalisasikan untuk
pembangunan Polsek Colomadu sebesar Rp 4 miliar.

Kemudian penataan halaman kantor Satreskrim dan Sat lantas sebesar Rp 500 juta dan pembangunan sarana prasarana lain sebesar Rp 198 juta.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengapresiasi sinergi yang baik antara Polres Karanganyar dengan Pemkab Karanganyar termasuk transparansi penggunaan bantuan anggaran dari Pemkab.

“Pemkab Karanganyar memberikan apresiasi terhadap sinergi yang baik ini,” tandas Rober.

Bahkan Wabup mengisyaratkan ke depan pemkab siap untuk memberikan bantuan operasional Polres Karanganyar.

KabagRen Polres Karanganyar, Kompol Joko Waluyo menjelaskan proses pengajuan Anggaran Polres 2021 sudah melalui proses tahapan panjang hingga mengusulkan Anggaran 2021 sebesar Rp 92 miliar ke Polda Jateng.

Namun karena pertimbangan kompleks termasuk kondisi keuangan serta skala prioritas maka untuk Polres Karanganyar hanya naik tipis 0.21%  atau naik sekitar Rp 174 juta dari Anggaran 2020 sebesar Rp 80.750 miliar menjadi Rp 80.756 miliar.

Baca Juga :  Awas, Kasus Meroket Terus Karanganyar Masih Setia Jadi Zona Merah Covid-19. Total Sudah 196 Warga Meninggal Dunia, Hajatan Jadi Kegiatan Paling Rawan!

“Alhamdullilah ditengah pandemi covid Polres Karanganyar masih mendapat kenaikan anggarannya,” ungkapnya.

Joko mengatakan berdasar laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP), Polres Karanganyar mendapat predikat baik yakni Wilayah Bebas dari Korupsi atau WBK.

Sementara Tim Polda Jawa Tengah,
Kombes Budi Harsono mengatakan
secara umum di Polda Jateng belanja pegawai mendapat penurunan hanya dan hanya ada beberapa Polres yang mendapat kan kenaikan. Terutama lanjut padapos belanja barang.

” Di Polda Jateng secara keseluruhan mendapat penurunan termasuk di Polres Karanganyar, belanja Modal di Polda Jawa Tengah hanya beberapa yang mendapatkan dan untuk Polres Karanganyar pada tahun ini belum mendapatkan anggaran belanja modal,” ujarnya.

Namun, Kombes Harsono meminta harapkan dengan anggaran yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat dijaga penggunannya terutama para Kepala Satuan Kerja atau Kasatker harus mampu mengelola optimal. Beni Indra