JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gibran Ingin Kembangkan Wisata Kesehatan yang Telah Ada di Solo, Mulai Jamu, Even Olahraga Hingga Pengobatan Alternatif

Gibran Rakabuming Raka. istimewa
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Melimpahnya wisata kesehatan atau Wellness Tourism di Kota Solo menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, termasuk dari luar kota.
Potensi itu disebut calon Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka bisa dioptimalkan dengan garapan yang lebih maksimal.

“Saya rasa wisata kesehatan itu sangat melimpah Kota Solo. Tinggal bagaimana nanti digarap dan dikemas dengan baik,” kata Gibran, Senin (16/11/2020).

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu memaparkan, beberapa wisata modal besar yang dimiliki Kota Solo meliputi heritage spa, jamu, pengobatan alternatif, yoga, hingga event olahraga.

“Misalnya pijat refleksi, totok wajah, itu kan pakai banyak bahan-bahan herbal tradisional asli Indonesia semua,” tuturnya.

Baca Juga :  Legenda Arseto Solo, Ricky Yacobi Meninggal Dunia. Diduga Serangan Jantung Saat Main Bola di Senayan. Begini Ceritanya

“Mulai kayu manis, kelapa, bisa untuk badan, rambut, lainnya. Jadi Indonesia wellness tourism nya kalau digarap bener-bener bisa nomor satu di dunia,” tambah pengusaha kuliner tersebut.

Gibran menambahkan, tren wisata saat ini sudah bergeser dari pariwisata alam seperti pegunungan dan pantai, tapi ke arah wisata yang menyehatkan badan.

“Jadi liburan tidak melulu harus ke tempat wisata pantai dan gunung. Tapi bisa juga  untuk menyehatkan badan,” sambung dia.

Menurut Gibran beberapa waktu terakhir wellness tourism mulai dijadikan paket-paket layanan yang ditawarkan pengelola hotel kepada para tamu.

Baca Juga :  Pilkada Serentak, 2 Wilayah di Solo Raya ini Jadi Perhatian Khusus Polda Jateng

Berbagai layanan kesehatan itu dinilai lebih menarik bagi wisatawan lantaran menggunakan aneka rempah atau herbal asli Tanah Air.

Berbeda dengan cairan yang digunakan untuk layanan wellness tourism di luar negeri yang pakai cairan chemical.

“Contoh di Solo itu yang miliknya Mustika Ratu di Jl. Slamet riyadi yaitu heritage spa yaitu pijat pakai rempah-rempah asli Indonesia. Itu di negara lain tidak ada, dan kita punya herbal-herbal yang benar-benar bisa menyehatkan badan,” tukas Gibran. Prabowo