JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Humas UNS Gelar Webinar Kehumasan, Branding dan Informasi Data

Humas Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Webinar Kehumasan, Branding, dan Informasi data pada Selasa (17/11/2020). Humas UNS
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Humas Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Webinar Kehumasan, Branding, dan Informasi data pada Selasa (17/11/2020). Melalui Zoom Clouds Meeting, webinar tersebut diikuti 59 peserta baik dari pelaksana humas di tingkat universitas, fakultas dan unit kelembagaan UNS maupun dari luar UNS seperti ISI Denpasar juga Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Empat pembicara kompeten pun dihadirkan dalam webinar ini, yakni Abdul Kohar (Direktur Pemberitaan dan Penanggung Jawab Medcom.id), Qomarul Hadi (Wartawan Senior Kedaulatan Rakyat), Vinda Maya Setianingrum (Kepala UPT. Humas Unesa) serta Dr. Deddy Whinata (Deputi Humas UNS).

Dalam sambutannya, Prof. Jamal Wiwoho selaku Rektor UNS menyampaikan bahwa di era disrupsi ini, berbagai perubahan dan kemajuan informasi terjadi dengan begitu cepat. Oleh karenanya, ia sangat berharap Humas UNS di setiap unit mampu tanggap dengan beragam informasi yang ada dan berkoordinasi satu sama lain.

Baca Juga :  Ekonom UNS-UI Bahas Arah Kebijakan Moneter Indonesia Selama Resesi

“Kami sangat berharap bahwa informasi yang dikirim kehumasan UNS adalah informasi yang berimbang, mempunyai value baik bagi UNS, serta menyejukkan bagi para pembaca. Dan Humas mampu menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi yang cepat dan akurat,” ujar Prof. Jamal.

Senada dengan Prof. Jamal, Abdul Kohar sebagai pemateri awal menyebutkan bahwa Humas harus kreatif tanpa batas, tidak terkukung di satu kotak, selalu gelisah dan mau belajar teknologi baru, serta haus akan informasi terkini. Informasi terkini, imbuh Abdul Kohar, sangat penting untuk menangkap gejala dan mitigasi perubahan yang tiba-tiba terjadi. Dengan demikian, Humas dapat segera menyikapi perubahan tersebut dan menemukan solusi yang tepat.

Baca Juga :  Mahasiswa UNS Rancang Sistem Pertanian Pesisir, Menggabungkan Budidaya Ikan dan Tanaman, Bagaimana Teknisnya?

Di sisi lain, dalam branding universitas, Abdul Kohar juga menekankan bahwa sebuah unit kehumasan harus mulai memahami apa yang menjadi spesialisasinya. Apakah memiliki spesialisasi dalam berjejaring di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, alumni, atau menghubungkan perguruan tinggi dengan dunia usaha di luar sana. Prihatsari