JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kerumunan Massa dalam Acara Rizieq Shihab Dinilai Berpotensi Tularkan Covid-19

Jemaah memadati Jl KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/ 2020) untuk mengikuti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Foto: Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Epidemiolog dari Univeraitas Indonesia (UI), Pandu Riono menilai, acara yang dihadiri Rizieq Shihab dan memicu terjadinya  kerumunan massa, dikhawatirkan bakal menyebabkan penularan Covid-19.

Sebagaimana diketahui, Rizieq kembali ke Tanah Air setelah tiga tahun tinggal di Arab Saudi. Dia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 10 November 2020. Kerumunan massa pun terjadi.

“Setiap kerumunan pasti ada potensi peningkatan kasus. Jadi harus siap jika nanti kasus Covid-19 naik,” katanya, Sabtu (14/11/2020).

Menurut dia, kerumunan orang tersebut mestinya dihindari selama pagebluk corona. Apalagi saat ini Pemerintah DKI juga masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB Transisi.

Berikut sejumlah kerumunan massa dalam acara yang dihadiri pemimpin FPI Rizieq Shihab:

1. Bandara Nyaris Lumpuh
Akses menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa pagi pekan lalu nyaris lumpuh karena jalan-jalan utama dipenuhi massa penjemput Rizieq.

Baca Juga :  Pakar: Ekskalasi Konflik Iran-Israel Berpotensi Picu Inflasi

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta Ajun Komisaris Tugiyo mengatakan, massa pendukung Rizieq mulai datang sejak Senin malam dari arah Tangerang dan Jakarta.

2. Abai Protokol di Bogor
Kedatangan Rizieq Shihab di Pondok Pesantren Agrokultural miliknya di Megamendung, Bogor, pada Jumat (13/11/2020) lalu disambut ribuan simpatisan.

Mereka memadati jalur Puncak, tepatnya di simpangan pos TMC Gadog hingga simpang Pasir Muncang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ribuan orang itu mengabaikan protokol kesehatan, seperti banyak yang tidak memakai masker dan jaga jarak.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi menilai acara kegiatan Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang dihadiri ribuan warga di Megamendung, Bogor, masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan Covid-19.

“Secara protokol kesehatan masih banyak sekali (yang tidak melaksanakan). Nomor satu kerumunan orang, nomor dua jaga jarak, yang ketiga pakai masker. Masih banyak yang tidak pakai,” kata Kepala Polda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi di Mako Brimob Polda Jawa Barat, Sumedang, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga :  Banjir Bululondong Kecamatan Lamasi Luwu Dipicu Hujan 10 Jam hingga Tanggul Sungai Jebol

3. Massa Membludak di Markas FPI

Ribuan massa berkerumun dan berhimpitan tanpa melaksanakan protokol Covid-19 di markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/11/2020) malam.

Di sana, FPI menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad setelah sebelumnya diadakan akad nikah putri Rizieq Shihab.

Massa berkumpul sejak Sabtu sore sampai Minggu (15/11/2020) dini hari.

“Bagi semua jamaah diimbau tetap mengenakan masker. Yang tidak membawa masker minta kepada petugas laskar. Insya Allah setelah Isya nanti kita akan mulai acaranya,” kata anggota Panitia Maulid Nabi FPI menggunakan pengeras suara pada Sabtu (14/11/2020) petang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com