JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Siaga Bencana Alam, Polres Wonogiri Siapkan Anjing Spesifikasi SAR Kendaraan Segala Medan Hingga Kano

Pengecekan peralatan siaga bencana di Mapolres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
Pengecekan peralatan siaga bencana di Mapolres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polres Wonogiri menaruh perhatian khusus terhadap wilayahnya yang merupakan daerah dengan potensi kerawanan bencana cukup tinggi.

Hal itu ditunjukkan dengan mengecek sekaligus persiapan alat penanggulangan bencana alam di Mapolres setempat, Sabtu (7/11/2020). Polres Wonogiri menyiapkan kano dan anjing spesifikasi SAR untuk antisipasi dan penanggulangan bencana di Wonogiri. Selain itu, Polres Wonogiri juga menyiapkan rencana kontijensi jika terjadi bencana.

Dalam pengecekan selama sekitar dua jam itu, Kapolres AKBP Christan Tobing memeriksa sejumlah sarana dan prasarana. Meliputi tenda, sepeda motor trail 200 cc, peralatan penanggulangan bencana, mobil double cabin 4X4, truk Dalmas, hingga kendaraan unit K-9 beserta satwanya.

Baca Juga :  Ini Lho Maksud Kebijakan Gas dan Rem Selama Pandemi COVID-19 yang Diterapkan Pemkab Wonogiri Untuk Menumbuhkan Perekonomian Sekaligus Mengendalikan Penyebaran Virus Corona

Kasat Sabhara AKP Sugihantoro memaparkan soal rencana kontijensi Polres Wonogiri soal penanggulangan bencana. Rencana kontijensi itu terdiri atas sarana dan prasarana Polres Wonogiri dalam penanggulangan bencana, pemetaan daerah rawan bencana, dan bantuan dari instansi samping. Tak hanya itu, Kasat Sabhara juga memaparkan tentang cara bertindak masing-masing personel jika terjadi bencana.

Baca Juga :  Ini Lho Jumlah Penerima Bantuan Sosial Tunai Atau BST di Kecamatan Jatisrono Manyaran dan Giriwoyo Wonogiri, Setiap KPM Berhak Menerima 300 Ribu

“Kami juga menyiapkan kekuatan personel yang akan digerakkan apabila terjadi bencana. Kemudian, juga terkait komando dan pengendalian bencana,” kata Kasat Sabhara.

Dalam pengecekan tersebut Kapolres mengapresiasi langkah yang disiapkan Sat Sabhara Polres Wonogiri dalam hal kesiapsiagaan bencana. Menurut dia, Sat Sabhara Polres Wonogiri sudah siap dan tanggap jika terjadi bencana. Aria