JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap, Ternyata Pelanggar Protokol Kesehatan di Wonogiri Didominasi Laki-laki, Terutama Tidak Memakai Masker

Razia masker di Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pelanggar protokol kesehatan di Wonogiri ternyata didominasi laki-laki. Kendati demikian terjadi penurunan orang yang terjaring razia masker.

Informasi yang dihimpun dari Satpol PP Wonogiri, Jumat (13/11/2020), Oktober tahun ini terdapat 535 orang yang terjaring razia masker. Perinciannya 457 orang laki-laki dan 78 perempuan.

Sementara pada September sebelumnya jumlah orang yang terjaring razia lebih dari 600 orang.

Baca Juga :  Dipanggil Bawaslu Camat Giritontro Fredy Sasono Membantah Lakukan Pelanggaran Saat Hadiri Konsolidasi Partai, Tegaskan Bukan Kampanye dan Cuma Datang Ketika Pembukaan

Tim yang kerap melaksanakan razia adalah gabungan dari Satpol PP, TNI Polri, BPBD, dan Dinas Perhubungan.

Fakta adanya penurunan jumlah pelanggar sekaligus dominasi laki-laki diiyakan Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo. Dari sekitar dua bulan lebih, ada tren penurunan pelanggar.

“Pelanggar didominasi oleh laki-laki,” kata dia.

Selama dua bulan lebih berjalan, kata Waluyo, tidak ada sanksi denda kepada warga yang melanggar. Hukuman yang diberikan lebih edukatif. Seperti melafalkan Pancasila hingga menyanyikan lagu-lagu nasional.

Baca Juga :  Meskipun Sudah Musim Hujan Ternyata Ancaman Kebakaran Masih Ada Loh Terutama di Bagian ini, Ingat Baik-baik Yah

Menurut dia tujuan operasi bukan untuk menakut-nakuti atau membuat beban masyarakat. Harapan kami masyarakat taat terhadap protokol kesehatan.

Dia berharap, masyarakat tidak hanya memakai masker ketika ada razia atau petugas. Sehingga kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan sudah tertanam dari dalam diri sendiri. Aria