JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Amankan Pemungutan Suara, 478 Polisi Sragen Mulai Hari Ini Diterjunkan ke Desa-Desa. Pemilih Isolasi Mandiri Covid-19 Akan Didatangi Petugas Pakai Baju Hazmat

Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi saat memimpin apel gelar pasukan. Foto/Wardoyo
   
Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi saat memimpin apel gelar pasukan. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polres Sragen menyiagakan 478 personel untuk pengamanan Pilkada Sragen 2020. Mereka mulai hari ini digeser ke wilayah untuk menjalankan tugas mengamankan tahapan Pilkada.

Mereka juga akan mengawal pemungutan dan penghitungan suara di tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

Apel Pergeseran Pasukan melalui PAM TPS pemilihan Bupati Wakil Bupati Kabupaten Sragen 2020 berlangsung di lapangan Wira Pratama Mapolres Sragen, Senin (7/12/2020).

“Mereka akan dibantu personel dari Polda 25 orang,” kata Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi sesuai memimpin apel pergeseran pasukan, Senin (7/12/2020).

Kapolres mengatakan berdasarkan instruksi Kapolda Jateng, dalam kegiatan pengamanan Pilkada ini personel akan standby di titik masing-masing.

Karena mereka memiliki kewajiban yakni target Pilkada 2020 aman dan sehat.

“Seluruh personel dalam kondisi sehat karena telah dirapid dan swab antigen dengan hasil semua negatif Covid-19,” terang Kapolres.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Menurut Ardi, dalam pengamanan kali ini regu pengamanan juga akan melayani pasien Covid-19 yang isolasi mandiri.

Pihaknya dengan KPU daerah telah mengkoordinasikan sehingga pasien isolasi mandiri tidak kehilangan hak pilih.

Dalam pelaksanaannya bagi yang isolasi mandiri akan dilayani oleh TPS terdekat. Pemungutan suara dilakukan petugas menggunakan baju hasmat (APD) sehingga mereka akan memberikan hak pilihnya di tempat isolasi mandiri.

“Dalam hal ini di Technopark. Saat ini terdata 185 orang. Tapi akan berubah sampai hari H, ada perubahan keluar masuk dalam isolasi mandiri,” tukasnya.

Kabag Ops Polres Sragen, Kompol Yohanes Trisnanto menyampaikan setiap dua personel akan mengamankan 6 sampai 10 TPS.

Mereka akan mobile memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam pengamanan Pilkada ini pihak kepolisian juga dibantu dari jajaran Babinsa di setiap Desa.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

“Jadi nanti personel pindah dari satu TPS ke TPS yang lain. Kalau Babinsa nanti pengamanan per desa, satu desa dua orang semua 416 personel,” tuturnya.

Sementara mengenai pengamanan TPS penyangga Yohanes mengatakan, bagi personel yang wilayahnya masuk kawasan isolasi mandiri maka akan turut mengamankan proses pemungutan TPS penyangga.

Petugas keamanan juga telah dilengkapi alat pelindung diri untuk masuk ke kawasan zona merah Covid-19.

“Kalau kebetulan wilayah tempat isolasi kita mengamankan kegiatan karena tidak semua orang diizinkan masuk. Petugas sudah kita lengkapi APD masuk kawasan isolasi,” tukasnya.

Selanjutnya dalam situasi saat ini cuaca juga ekstrem kita telah siapkan perlengkapan perorangan jas hujan dan kendaraan. Hal itu manakala nanti dibutuhkan untuk pergeseran logistik surat suara dari masing-masing PPS ke TPS agar tidak rusak kena hujan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com