JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Apa Istimewanya Sih Wonogiri itu, Sampai-sampai Pejabat Lampung Barat Dibela-belain Jauh-jauh Datang Buat Ngangsu Kawruh, Eh Tapi Kok Infonya Membahas Soal Pisang Yah

Keripik pelepah pisang karya Sari Noviatsih. Dok. Mamuma

Keripik pelepah pisang
Keripik pelepah pisang karya Sari Noviatsih. Dok. Mamuma

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Belum lama ini Pemkab Wonogiri meraih juara pertama bidang inovasi daerah. Fakta ini membuat Pemkab Lampung Barat, Lampung, tertarik.

Ketertarikan itu diwujudkan dengan datangnya belasan pejabat Kabupaten Lampung Barat, ke Wonogiri, Kamis (3/12/2020).

Menurut Kepala Balitbang Kabupaten Lampung Barat Noviandri Kuswan mewakili Bupati Lampung Barat Parosila Mabsus, kedatangan mereka ke Wonogiri ternyata ingin belajar terkait keberhasil Wonogiri di bidang inovasi daerah.

“Wonogiri menyabet juara pertama tingkat nasional tentang Inovasi Daerah. Sementara, kabupaten kami berada di posisi kelima,” ungkap dia.

Pihaknya ingin belajar bagaimana pengelolaan inovasi daerah di Wonogiri.
Dia mencontohkan, di Wonogiri buah pisang tidak hanya dikembangkan menjadi satu jenis komoditi saja. Namun pisang bisa dikembangkan mejadi delapan inovasi. Mulai dari buah, kulit, batang, pelepah, jantung dan bagian lainnya dapat dimanfaatkan menjadi sebuah panganan bernilai jual tinggi.

Baca Juga :  Kejari Wonogiri Segera Bentuk Tim Pendamping Tindaklanjut Kerjasama Kejagung dan Kemensos RI, Minimalisir Penyimpangan Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah

Selain itu, di bidang pelayanan khususnya, pelayanan Adminduk, kata Novriandry Wonogiri, punya program pelayanan online yang dinamai Telunjuk Sakti. Program ini memangkas banyak jalur birokrasi yang berbasis teknologi informasi.

“Inovasi ini bagus karena bersifat layanan masyarakat, baik terkait adminduk maupun perizinan. Layanan ini bisa menjangkau hingga ke tingkat desa. Bahkan kami mendapat informasi dengan adanya aplikasi itu hanya tinggal 20 persen warga yang datang ke dinas terkait saat mengurus adminduk dan perizinan,” jelas dia.

Baca Juga :  Waspada Lur Aksi Hipnotis Makan Korban di Girimarto Wonogiri, Pura-pura Survei Gondol Emas dan Uang Jutaan Rupiah

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Lampung Barat, Ismet Inoni mengatakan, kunker itu akan ditindaklanjuti dengan kerjasama. Antar dua kabupaten akan bersinergi sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

Kondisi geografi Lampung Barat hampir sama dengan Wonogiri. Hanya saja di Lampung Barat tidak ada pantai. Banyak warga Lampung Barat yang berasal dari Wonogiri juga.

“Dengan fakta itu, semoga inovasi yang kami dapatkan bisa mudah diterapkan di Lampung Barat. APBD kami sekitar Rp1,3 triliun. Setengah dari APBD Wonogiri. Sementara itu, PAD kami sekitar Rp 300 miliar,” beber dia. Aria