JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awas, Ini 7 Lokasi Rawan Longsor di Tawangmangu Karanganyar. Camat Siapkan Camp Pengungsian, Ada 15 Keluarga Berada di Ring Bahaya

Penampakan rekahan longsor di Tawangmangu Karanganyar. Foto/Istimewa

 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Camat Tawangmangu, Rusdianto sesegera mungkin dalam minggu ini menyiapkan camp pengungsian warga guna mengantisipasi kemungkinan terjadi lagi tanah longsor.

Pasalnya Desember-Januari diperkirakan potensi curah hujan tinggi disertai angin kencang.

“Secepatnya segera kami undang kades dan relawan serta  tokoh masyarakat untuk membahas camp pengungsian,” paparnya Senin (07/11/2020).

Menurut Rusdianto, kebutuhan camp pengungsian itu sifatnya mendesak. Sehingga harus segera diwujudkan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Adapun secara teknis format camp pengungsian akan dibahas pada pertemuan tersebut mendatang.

Baca Juga :  Truk Pengangkut Minuman Kemasan Terguling di Jalur Tembus Karanganyar-Magetan, Ribuan Botl Tercecer di Jalan

Namun banyak opsi yang dilakukan yakni bisa menggunakan balai desa masjid, atau fasilitas milik pemerintah.

“Bahkan jika memungkinkan memakai rumah warga yang disepakati bersama,” ujarnya.

Dijelaskan Rusdianto, hingga sekarang tercatata 7 zona rawan longsor itu sangat berbahaya. Dan terdapat sekitar 15 KK yang harus segera dipindahkan sementara sebagai langkah antisipasi bencana.

Bahkan Rusdianto sudah meminta kepada semua kepala desa di Tawangmangu secara update. Yaitu jika terjadi hujan lebih dari dua jam maka seluruh kepala desa agar memerintahkan warganya mengungsi seketika ditempat yang aman.

Baca Juga :  Tak Basa-Basi, Kepergok Tanpa Masker, 5 Pedagang di Pasar Tradisional di Karanganyar Langsung Dihukum Tak Boleh Jualan Sehari. Kios Ditutup Paksa, Kalau Ngeyel Lagi Bakal Diperpanjang!

Sebab saat ini frekuensi hujan sering terjadi sehingga harus ada upaya darurat.

“Pokoknya begitu ada hujan lebih dari dua jam saya minta semua warga dizona rawan segera mengungsi ditempat aman dimanapun saja terserah,” ungkapnya.

Adapun ke-7 zona longsor tersebut diantaranya Desa Tengklik, Desa Tawangmangu dan  Desa Nglurah, yang hingga saat ini sangat rawan longsor jika terjadi hujan deras. Beni Indra