JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Cegah Lonjakan Covid-19, di Seoul Pertemuan Lebih dari 4 Orang Dilarang!

Ilustrasi virus corona. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  -Lonjakan kasus Covid-19 bukan hanya menjadi ancama di Indonesia, namun juga negara-negara lain.

Bahkan, ancaman Covid-19 ini telah memaksa Seoul, ibkota Korea Selatan, sekitarnya akan melarang pertemuan lima orang atau lebih pada akhir pekan ini.

Hal itu dilakukan dalam upaya untuk mengurangi lonjakan kasus Covid-19 selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Demikian kata para pejabat negara setsmpat yang mengeluarkan pengumuman tersebut pada Senin (21/12/2020).

Korea Selatan mencatat jumlah kematian harian tertinggi akibat virus corona, kata otoritas kesehatan pada hari Senin, ketika lonjakan infeksi gelombang ketiga Covid-19 membebani sistem kesehatan dan mendorong penggerebekan polisi di tempat-tempat yang diduga melanggar aturan jarak sosial, Reuters melaporkan, 21 Desember 2020.

Pemerintah telah menolak seruan untuk memberlakukan lockdown nasional yang ketat, tetapi pemerintah Seoul, Provinsi Gyeonggi, dan kota Incheon memerintahkan pembatasan pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari 23 Desember hingga 3 Januari.

“Kami tidak dapat mengatasi krisis saat ini tanpa mengurangi infeksi klaster yang menyebar melalui pertemuan pribadi dengan keluarga, teman dan kolega,” kata pelaksana tugas wali kota Seoul Seo Jung-hyup pada sebuah briefing.

Larangan pertemuan berlaku untuk semua acara di dalam dan luar ruangan kecuali pemakaman dan pernikahan. Saat ini Seoul melarang pertemuan lebih dari sembilan orang.

Di Seoul, restoran dan tempat sejenisnya menyumbang 41,4% dari infeksi klaster selama empat minggu terakhir, diikuti oleh 16,9% dari kantor, 15,5% dari tempat ibadah dan 12,3% dari fasilitas medis dan panti jompo, menurut data pemerintah daerah.

Larangan pertemuan lima orang atau lebih, adalah aturan yang lebih ketat daripada di bawah skema jarak sosial Level 3 tertinggi, di mana pertemuan 10 orang atau lebih dilarang, menurut Yonhap.

Wilayah Seoul Raya saat ini berada di bawah Level 2.5, tertinggi kedua dalam sistem peringatan jarak sosial lima tingkat negara. Level 2.5 melarang pertemuan dengan 50 orang atau lebih.

Korea Selatan melaporkan lebih dari 1.000 kasus yang dikonfirmasi setiap hari selama lima hari berturut-turut dalam seminggu terakhir, meskipun jumlahnya turun di bawah 1.000 pada Senin, yang tampaknya dikarenakan lebih sedikit tes selama akhir pekan. Wilayah ibu kota Korea Selatan menyumbang sekitar 70 persen dari total kasus Covid-19 harian nasional.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com