JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Positif Covid-19, Hasil Tracing Kontak Erat Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria Ditemukan 24 Orang Juga Terpapar Virus Corona

Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. Foto: Instagram/aniesbaswedan

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Dinas Kesehatan DKI Jakarta langsung melakukan tracing atau pelacakan terhadap orang-orang yang sempat kontak maupun berada di sekitar Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria yang dikonfirmasi positif Covid-19. Hasilnya, dari 437 orang yang diperiksa didapatkan setidaknya ada 24 orang yang terpapar virus corona.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, hingga Selasa (1/12/2020) pihaknya telah melakukan tes swab terhadap 158 orang yang memiliki kontak erat dengan Anies dan 279 orang dari kontak erat Ariza. Dia menjelaskan, dari ratusan kontak erat Anies itu, hasilnya lima orang positif Covid-19.

“Dari 158 kontak erat gubernur selama periode tracing pada Selasa (1/11), hasilnya adalah lima orang positif Covid-19, 111 lainnya negatif dan 42 orang masih menunggu hasil,” kata Widyastuti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga :  160 Warga Karanganyar Meninggal Positif Terpapar Covid-19. Jumlah Kasus Positif 3.191, Data Kematian Probabel dan Suspek Dihilangkan

Sementara itu, sambung dia, dari 279 kontak erat dengan Wagub Ariza selama periode tracing 28 November hingga 1 Desember, hasilnya adalah 19 orang positif, 185 orang negatif dan 75 orang lainnya masih menunggu hasil.

Widyastuti mengungkapkan, mereka yang terkonfirmasi positif selanjutnya menjalani isolasi mandiri ataupun perawatan sesuai dengan derajat gejala yang dialaminya.

Widyastuti menegaskan, pelacakan kontak yamg dilakukan Dinkes DKI bukan untuk menyatakan orang yang tertular dari Anies maupun Ariza. Namun, untuk mengetahui siapa saja yang tertular virus corona bersama Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Sekali lagi, kami menegaskan bahwa mereka yang terkonfirmasi positif dari hasil pelacakan kontak tidak menentukan sumber penularannya adalah Gubernur ataupun Wakil Gubernur, tapi menentukan klaster kasus yang bersamaan terjadi selama masa inkubasi Covid-19,” jelas Widyastuti.

Baca Juga :  Berikut Daftar 89 Warga Sragen yang Positif Terpapar Covid-19 Hari Ini. Ada 10 Masih Anak-anak, Kecamatan Sidoharjo, Ngrampal, Gondang, Karangmalang dan Sragen Kota Terus Meledak!

“Kepada mereka yang terkonfirmasi positif sedang dalam proses penelusuran lebih lanjut. Beberapa kasus ditemukan bahwa periode penularan sebelum berinteraksi dengan gubernur dan merupakan bagian dari klaster keluarga masing-masing,” sambungnya menjelaskan.

Selain itu, Widyastuti menyebut, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria selama ini rutin melakukan tes swab minimal satu hingga dua kali dalam seminggu. Sehingga keduanya bisa terdiagnosis sejak dini dan mendapatkan penanganan cepat. Dia juga mengklaim, langkah tersebut membuat pelacakan kontak menjadi lebih cepat dilakukan.

www.republika.co.id