JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Insomnia atau Kesulitan Tidur Meningkat Selama Pandemi Covid-19, Ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi tertidur. pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pandemi Covid-19 berdampak di semua sektor, termasuk kondisi mental banyak orang. Mulai depresi, kecemasan, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD), masalah kesulitan tidur atau insomnia juga tampak meningkat di masa pandemi.

Terjadinya peningkatan kasus insomnia ini beberkan oleh tim peneliti dari University of Ottawa. Sebelumnya, mereka melakukan analisis terhadap hampir 190.000 partisipan yang terdampak oleh Covid-19.

Dari analisis ini, tim peneliti mendapati bahwa tingkat depresi, kecemasan, dan PTSD tampak lebih buruk secara signifikan bila dibandingkan sebelum pandemi. Akan tetapi yang mengalami peningkatan terbesar adalah insomnia.

Sebanyak 23,87 persen orang yang terdampak Covid-19 mengalami insomnia. Di antara semua kelompok yang terdampak Covid-19, tenaga kesehatan mengalami peningkatan kasus insomnia tertinggi. Ada 36,53 persen tenaga kesehatan yang mengalami kesulitan tidur.

Insomnia pada dasarnya merupakan gangguan tidur di mana seseorang sulit untuk tertidur atau tetap tidur. Kesulitan untuk tidur ini bisa memberikan dampak yang besar bagi kualitas tidur.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Bagi orang yang mengalami insomnia di masa pandemi ini, setidaknya ada lima hal yang bisa dilakukan untuk membantu mempermudah tidur. Berikut ini adalah kelima hal tersebut, seperti dilansir ABC News, Sabtu (19/12).

Konsultasi dengan Dokter

Ada banyak masalah yang dapat memicu terjadinya masalah tidur. Diperlukan bantuan dari tenaga kesehatan profesional untuk menentukan akar masalah yang mendasari munculnya gangguan tidur ini. Dengan mengetahui penyebab yang tepat, penderita insomnia juga bisa mendapatkan terapi yang sesuai.

 

Mulai Hari dengan Baik

Coba untuk bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari. Cara ini dapat membantu tubuh menciptakan sebuah jam biologis yang bisa diandalkan. Hindari tidur siang untuk menghindari kesulitan tidur di malam hari.

Menambah Energi Lebih Cepat

Sebagian besar orang memilih untuk minum kopi di siang atau sore hari, untuk mengusir kantuk. Padahal, waktu yang lebih ideal untuk minum kopi adalah di pagi hari. Minum kopi di siang atau sore hari justru akan membuat seseorang sulit tidur di malam hari. Olahraga secara rutin juga dapat membantu memunculkan rasa kantuk di malam hari. Akan tetapi, hindari berolahraga beberapa jam sebelum waktu tidur.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Bersiap Tidur

Bersiap untuk tidur tak hanya sekedar rutinitas sikat gigi dan memakai pakaian tidur. Beberapa saat sebelum jam tidur, tubuh juga perlu dikondisikan agar lebih siap untuk terlelap. Misalnya, hindari penggunaan gawai dan menatap layar satu jam sebelum tidur. Contoh lainnya adalah menghindari makan tiga jam sebelum tidur. Coba buat tubuh lebih rileks dengan bermeditasi atau berdoa menjelang tidur.

Ciptakan Tempat Tidur yang Nyaman

Tempat tidur hanya memiliki dua fungsi, yaitu untuk tidur dan untuk keintiman. Hindari kebiasaan bekerja atau berkegiatan lain di tempat tidur. Ciptakan pula atmosfer yang sejuk, gelap, serta bebas dari interupsi di ruang kamar tidur.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com