JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Diprediksi Bakal Pilih Kapolri yang Penurut. Siapa Calon Terkuat?

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Foto: Dok

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diprediksi bakal memilih calon Kapolri sebagai pengganti Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun, dengan sosok yang penurut.

Prediksi tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Desmond J. Mahesa.ndia menduga, Jokowi akan menyodorkan nama Kapolri yang menuruti kemauannya.

“Pilihan Jokowi yang nurut dia, bukan kapolri buat rakyat Indonesia,” kata Desmond melalui pesan singkat, Sabtu ( 26/12/2020).

Meski demikian, politikus Partai Gerindra ini belum menyebutkan nama yang kira-kira akan disodorkan Jokowi ke DPR untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Baca Juga :  Jika CVR Tak Ditemukan, KNKT Siapkan Berbagai Cara untuk Lakukan Investigasi Sriwijaya Air

Dari beberapa nama yang diprediksi bakal jadi orang nomor satu di kepolisian, Desmond belum punya prediksi.

“Belum jelas sampai hari ini,” kata dia.

Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan telah mengantongi nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi. Akan tetapi, Kompolnas belum menyebutkan siapa saja nama tersebut.

“Kompolnas telah mengantongi calon Kapolri yang akan menggantikan Jenderal Idham Azis, setelah melalui FGD, diskusi internal dan penelusuran rekam jejak,” kata Anggota Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto melalui pesan tertulis, Jumat (25/12/ 2020).

Baca Juga :  Merasa Bakal Tersingkir, Guru-guru Honorer Menangis, Minta Presiden Jokowi Keluarkan Kepres PNS Tanpa Tes

Indonesia Police Watch menyebut sudah ada dua kandidat kuat calon Kapolri. Presidium IPW Neta S. Pane mengatakan dua nama itu sedang dipertimbangkan pihak istana.

“Saat ini kalangan istana sedang mempertimbangkan dua nama bakal calon Kapolri sebagai calon kuat pengganti Idham Azis,” kata Neta saat dihubungi Sabtu (19/12/ 2020).

Hanya saja, ia enggan memaparkan nama-nama tersebut. Neta memperkirakan satu nama calon Kapolri akan disodorkan ke Komisi III DPR pada pertengahan Januari 2021 untuk mengikuti uji kepatutan.

www.tempo.co