JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Diprediksi Bakal Pilih Kapolri yang Penurut. Siapa Calon Terkuat?

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Foto: Dok
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diprediksi bakal memilih calon Kapolri sebagai pengganti Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun, dengan sosok yang penurut.

Prediksi tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Desmond J. Mahesa.ndia menduga, Jokowi akan menyodorkan nama Kapolri yang menuruti kemauannya.

โ€œPilihan Jokowi yang nurut dia, bukan kapolri buat rakyat Indonesia,โ€ kata Desmond melalui pesan singkat, Sabtu ( 26/12/2020).

Meski demikian, politikus Partai Gerindra ini belum menyebutkan nama yang kira-kira akan disodorkan Jokowi ke DPR untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atauย fitย and proper test.

Baca Juga :  Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Pengamat: Bagus, Tapi Ada Kendala Serius

Dari beberapa nama yang diprediksi bakal jadi orang nomor satu di kepolisian, Desmond belum punya prediksi.

โ€œBelum jelas sampai hari ini,โ€ kata dia.

Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan telah mengantongi nama-namaย calon Kapolriย pengganti Jenderal Idham Azis yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi. Akan tetapi, Kompolnas belum menyebutkan siapa saja nama tersebut.

โ€œKompolnas telah mengantongi calon Kapolri yang akan menggantikan Jenderal Idham Azis, setelah melalui FGD, diskusi internal dan penelusuran rekam jejak,โ€ kata Anggota Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto melalui pesan tertulis, Jumat (25/12/ 2020).

Baca Juga :  Gila-gilaan! UKT Mahasiswa Naik dari Rp 9 Juta Menjadi Rp 52 Juta, BEM Unsoed Pun Gelar Unjukrasa

Indonesia Police Watch menyebut sudah ada dua kandidat kuat calon Kapolri. Presidium IPW Neta S. Pane mengatakan dua nama itu sedang dipertimbangkan pihak istana.

โ€œSaat ini kalangan istana sedang mempertimbangkan dua nama bakal calon Kapolri sebagai calon kuat penggantiย Idham Azis,โ€ kata Neta saat dihubungi Sabtu (19/12/ 2020).

Hanya saja, ia enggan memaparkan nama-nama tersebut.ย Neta memperkirakan satu nama calon Kapolri akan disodorkan ke Komisi III DPR pada pertengahan Januari 2021 untuk mengikuti uji kepatutan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com