JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Perkembangan Kasus Covid-19 Kian Memburuk, Satgas: Naik 100% Selama 8 Pekan Terakhir

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Foto: Dok BPNB/M Arfari Dwiatmodjo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM -Penambahan kasus Covid-19 di Indonesia, kian hari terus memburuk. Hal itu setidaknya terlihat dalam dua bulan belakangan.

Demikian dikemukakan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Sejak delapan pekan lalu, Satgas mengatakan kenaikan kasusnya menembus lebih dari 100 persen.

“Semenjak minggu pertama November sampai dengan sekarang yaitu selama 8 minggu, terlihat adanya kenaikan kasus positif yang tajam dari 23.089, menjadi 48.435 atau naik lebih dari 100 persen dalam 8 Minggu,” kata Wiku Adisasmito, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

Wiku mengingatkan bahwa kasus tidak hanya memakan nyawa, namun juga memberikan beban yang sangat berat kepada tenaga serta fasilitas kesehatan di Indonesia.

Pada pekan ini pun, angka kasus positif mingguan masih mengalami kenaikan sebesar 2,8 persen di tingkat nasional dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

“Pada minggu ini terdapat 5 provinsi yang menyumbangkan kenaikan kasus positif tertinggi, yaitu DKI Jakarta sebesar 2.204, Jawa Tengah naik 1.248, Sulawesi Selatan naik 797, Daerah Istimewa Yogyakarta naik 263 dan Kalimantan Tengah naik 145,” kata Wiku.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Ia menyoroti beberapa daerah seperti DKI Jakarta yang selama dua minggu berturut-turut mengalami kenaikan kasus positif lebih dari 2.000.

Selain itu, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan Tengah juga ikut menjadi perhatian, setelah pada pekan ini menunjukkan kenaikan kasus yang signifikan.

“Saya meminta kepada masyarakat bersama pemerintah di provinsi-provinsi yang tadi saya Sebutkan untuk bekerjasama menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin,” kata Wiku.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com