JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Kabar Buruk, Piala Dunia U-20 2021 Resmi Dibatalkan. Tapi Indonesia Masih Berhak Jadi Tuan Rumah di Tahun 2023. PSSI: Kami Hormati Keputusan FIFA

Ilustrasi sepakbola. Foto: pexels.com

SWISS, JOGLOSEMARNEWS.COM Agenda Piala Duni U-20 yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 di Indonesia dipastikan batal digelar. Hal itu menyusul keputusan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) yang membatalkan dua agenda sepakbola, yakni Piala Dunia U-20 di Indonesia dan Piala Dunia U-17 di Peru.

Keputusan membatalkan dua agenda sepakbola dunia itu diambil FIFA tak lain karena situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum membaik dan dianggap tidak memungkinkan untuk digelarnya event olahraga tingkat dunia tersebut.

“Akibat pandemi Covid-19, dewan FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 putra dan Piala Dunia FIFA U-17 putra,” demikian isi pernyataan FIFA di laman resmi, pada Kamis (24/12/2020).

Meski batal menggelar ajang Piala Dunia U-20 tahun depan, FIFA memastikan Indonesia tidak akan kehilangan haknya sebagai tuan rumah dan masih akan menjadi tuan rumah untuk turnamen sepakbola dunia itu pada 2023 mendatang.

Advertisement

“Indonesia dan Peru, yang masing-masing akan menjadi tuan rumah turnamen pada 2021 tetap akan jadi tuan rumah pada edisi 2023,” lanjut pernyataan FIFA.

Baca Juga :  Fabio Quartararo Bisa Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Misano, Asalkan......

FIFA menyatakan pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan terbesar dalam penyelenggaraan event olahraga internasional. Selain ancaman penyebaran virus corona, situasi juga menjadi sulit karena adanya pembatasan perjalanan internasional.

FIFA pun terus konsisten berkonsultasi dengan pihak terkait, termasuk asosiasi sepakbola tuan rumah serta konfederasi sepakbola yang terlibat dalam kedua turnamen itu.

“FIFA mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru atas komitmen dan persiapan yang dilakukan selama ini. FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses,” tulis pernyataan FIFA.

Menerima Keputusan

Sementara itu, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menghormati keputusan FIFA yang membatalkan Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan menunjuk kembali Indonesia untuk menjadi tuan rumah di tahun 2023.

Baca Juga :  Sah! Fabio Quartararo Rengkuh Gelar Juara Dunia MotoGP 2021 di Sirkuit Misano

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Kamis (24/12/2020).

“Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023,” lanjut Iriawan.

Ajang turnamen Piala Dunia U-20 di Indonesia sedianya bakal digelar pada 20 Mei-12 Juni 2021 mendatang.

PSSI telah menyiapkan enam venue di enam kota sebagai lokasi pertandingan, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Sriwijaya Jakabaring di Palembang, Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, dan Stadion I Wayan Dipta di Bali.