JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rizieq Shihab dan Ratusan Simpatisannya Iringi Pemakaman 5 Anggota FPI yang Ditembak Polisi

Mobil ambulans milik Front Pembela Islam (FPI) membawa jenazah anggota FPI di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020) / tempo.co

986173 720
Mobil ambulans milik Front Pembela Islam (FPI) membawa jenazah anggota FPI di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab disebut ikut mengiringi pemakaman lima anggota laskarnya yang tewas ditembak polisi di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

Ratusan simpatisan Rizieq Shihab juga tampak hadir pada pemakaman yang berlangsung di Pondok Pesantren Argokultural Markaz Syariah FPI, Megamendung, Bogor.

“Benar HRS ikut mengiringi pemakaman para syuhada,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni atau PA 212 Novel Bamukmin saat dihubungi Tempo, Rabu (9/12/2020).

Dalam rekaman video yang beredar, Rizieq Shihab datang ke acara pemakaman dengan gamis dan sorban putih. Beberapa simpatisan terlihat ikut mengiringi Rizieq sambil memayunginya karena cuaca sedang hujan.

Baca Juga :  Tanda-tanda Gerindra Mulai Jauhi Anies? Ini Pandangan Pengamat

Sebelumnya diberitakan, enam pengawal Rizieq Shihab dilaporkan tewas dalam baku tembak yang terjadi di KM50 Tol Japek, Karawang, Senin dinihari.

Panglima Laskar Pembela Islam DPP FPI Ustad Maman menyatakan 5 dari 6 jenazah laskar FPI itu dimakamkan di Megamendung, kabupaten Bogor.

“Satu jenazah dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan sendiri,” kata Maman di Petamburan, Rabu (9/12/2020) dini hari.

Adapun jenazah yang akan dimakamkan oleh pihak keluarga bernama Muhammad Reza (20 tahun). Sementara lima jenazah yang akan dimakamkan di kompleks Markaz Syariah Megamendung, yakni Andi Oktiawan (33), Faiz Ahmad Syukur (22), Ahmad Sofiyan alias Ambon (26), Muhammad Suci Khadavi (21) dan Lutfi Hakim (25).

Baca Juga :  Misteri Rabu Pon, Jokowi dan Pelantikan Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

Sebelum dimakamkan, enam jenazah laskar FPI itu dibawa ke Markaz Syariah Petamburan, usai diautopsi di RS Polri selama lebih kurang 30 jam. Di Petamburan, ke-6 jenazah itu dimandikan, dikafani, dan disolatkan kembali.

www.tempo.co