JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sempat Tegaskan Jadi Oposisi, Sandiaga Uno Ungkap Alasan Terima Tawaran Jabatan Menteri: Covid-19 Mengubah Segalanya

Sandiaga Salahudin Uno. Foto: Instagram/sandiuno

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno, atau yang akrab disapa Sandiaga Uno, telah resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Sempat menyatakan bakal terus menjadi oposisi, usai kalah dalam Pilpres 2019, mantan calon wakil presiden itu kini akhirnya turut merapat ke pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Sandiaga pun mengungkapkan alasan dirinya menerima tawaran dari Presiden Jokowi untuk bergabung di Kabinet Indonesia Maju.

Diungkapkan Sandiaga Uno, keputusan untuk ikut masuk di pemerintahan sebagai menteri diambilnya karena pandemi Covid-19. Menurutnya, situasi saat ini mengharuskan semua pihak untuk dapat bekerja sama.

Baca Juga :  202 Juta Masyarakat Indonesia Jadi Sasaran Paham Radikalisme, Hati-hati!

“Covid-19 ini adalah game changer. Covid-19 ini mengubah segalanya. Terutama ketika dua minggu terakhir saya bertafakur, tadabur, berkontemplasi, bahwa kita semua akhirnya harus bersatu padu,” ujar Sandi di Kompleks Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (23/12/2020).

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, ujar Sandi, setiap anak bangsa harus memberi kontribusi dan sumbangsih pada negara tanpa memikirkan politik atau golongan.

“Singkirkan kepentingan-kepentingan pribadi, politik, atau golongan. Semua kita lakukan demi kepentingan bangsa dan negara. Dan jika negara memanggil, pada saat inilah menurut saya tangggungjawab ada di pundak masing-masing dari kita,” ujarnya.

Sandiaga Uno dan juga istrinya, Nur Asia, juga sempat terinfeksi virus corona dan dinyatakan positif Covid-19. Bahkan keduanya saat ini baru saja sembuh usai hasil tes antigen kedua yang diterimanya Selasa (22/12/2020) malam menunjukkan hasil negatif.

Baca Juga :  Ditangkap Densus 88, Munarman Duga, Bambang Setiono Sengaja Disusupkan ke FPI

Sebelumnya, pada 2019, Sandiaga Uno yang merupakan cawapres dan menjadi lawan Jokowi di Pemilihan Presiden, menegaskan sikapnya untuk berada di luar pemerintahan, meski Prabowo Subianto telah lebih dulu merapat sebagai menteri pertahanan.

Menurut Sandiaga, ketika itu, posisi sebagai oposisi sangat penting di tengah koalisi pemerintah Jokowi yang gemuk. “Oposisi itu betul-betul dibutuhkan. Dan saya sangat betul-betul terhormat dapat kesempatan untuk menjadi oposisi dan terus mengontrol mengawasi kinerja pemerintah memberikan masukan,” ujar Sandiaga Uno di Kemang Village, Jakarta pada Sabtu, 13 Juli 2019.

www.tempo.co