JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sungguh Mulia, Relawan Exalos Diterjunkan Malam Jumat Hingga Dinihari Menyisir Setiap Emperan Toko di Sragen Kota. Bukan Mencari Ular, Tapi Mencari Gelandangan Untuk Keperluan Ini!

Relawan Exalos Indonesia Regional Sragen saat membagikan paket makanan ke gelandangan di emperan toko. Foto/Wardoyo


Relawan Exalos Indonesia Regional Sragen saat membagikan paket makanan ke gelandangan di emperan toko. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komunitas relawan Exalos Indonesia Regional Sragen selama ini dikenal aktif dengan dunia satwa ular. Namun tak hanya sebatas evakuasi dan edukasi ular saja, ternyata komunitas itu juga punya kegiatan bermisi mulia.

Ya, setiap malam Jumat atau Kamis malam, komunitas yang diketuai Candra Giri itu rupanya punya kegiatan khusus. Tim relawan dari Exalos Regional Sragen diterjunkan menyisir setiap jalanan di sepanjang jalur utama Sragen.

Bukan untuk menyisir ular, namun tim diterjunkan untuk membagikan nasi kotak kepada kaum dhuafa yang menggelandang di emperan toko atau di jalanan.

Tim menyisir setiap sudut, di emperan ruko dari pukul 20.00 WIB hingga dinihari.

“Kami tergerak untuk membantu mereka yang tinggal di jalanan dan emperan toko, karena sejatinya mereka itu yang membutuhkan bantuan. Selama ini mereka banyak luput dari perhatian, kemudian identitas mereka juga nggak jelas sehingga tidak dapat bantuan dari pemerintah,” papar Ketua Regional Exalos Sragen, Candra Giri kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (6/12/2020).

Baca Juga :  Innalillahi, Guru SMKN 1 Gondang dan Mantan Komisioner KPU Sragen Meninggal Dunia Terpapar Covid-19. Satu Anggota Keluarga Juga Positif

Pria yang akrab disapa Uchank itu menguraikan giat baksos itu didanai dari iuran sukarela anggota. Kegiatan menyantuni gelandangan di jalanan itu sudah beberapa kali digelar dan akan dijadikan agenda rutin.

Menurutnya dengan berbagi, akan menumbuhkan jiwa peduli dan bisa mengangkat beban saudara yang sedang dirundung ketidakberuntungan tersebut.

“Jadi nggak hanya melulu soal ular, kami dari Exalos juga tergerak membantu masyarakat yang membutuhkan. Kenapa kami bagikan malam Jumat hingga dinihari, supaya bisa tepat sasaran dan tidak mubazir. Karena kalau Jumat kan biasanya banyak komunitas atau orang yang membagikan paket serupa atau Jumat Berkah. Jadi biar nggak tumpang tindih dan mengena,” tandasnya. Wardoyo