JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini 5 Calon Nama Kapolri yang Disodorkan Mahfud MD ke Presiden Jokowi

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memberikan keterangan kepada wartawan setelah menyerahkan LHKPN di gedung KPK, Jakarta, Senin ( 2/12/ 2019 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lima orang sosok yang dinilai layak menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang ada di tangan Kompolnas, telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD telah mengumumkan lima nama calon Kapolri tersebut melalui akun Twitter Mahfud Md @mohmahfudmd.

Mereka adalah Komjen Gatot Edy Pramono, Komjen Boy Rafly Amar, Komjen Listyo Sigit Prabowo, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

Baca Juga :  Tengah Getol Usut Kasus Korupsi Bansos Covid-19, KPK Diserang dengan Isu Taliban

“Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” tulis Menko Mahfud MD, Jumat (8/1/2021).

Sebelumnya, Mahfud MD menyatakan sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis kepada Presiden Jokowi.

“Selaku Ketua Kompolnas, saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR,” kata Mahfud dalam cuitannya di akun Twitter, pada Jumat (8/1/2021).

Baca Juga :  Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Jalani Fit and Proper Test Hari Ini

Mahfud mengatakan, nama-nama yang diajukan merupakan jenderal bintang 3.

“Tidak ada yang masih bintang 2,” ucapnya.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sebelumnya mengatakan menyerahkan beberapa nama calon Kapolri kepada Jokowi.

Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto mengatakan nama-nama itu diserahkan oleh Mahfud MD.

“Nama sudah diserahkan kemarin (Kamis, 7 Januari), jadi sekarang sudah di tangan Presiden. Tinggal Presiden memilih,” kata Wahyu kepada Tempo, Jumat (8/1/2021).

www.tempo.co