JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Pertama Terima Vaksin, Menkes: Efek Samping Vaksin Bisa Pegel sampai Demam

Ilustrasi vaksin Covid-19 atau virus corona / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Kesehatan (Menkes)ย Budi Gunadi Sadikinย mengatakan, vaksinย Covid-19ย kemungkinan bakal menimbulkan beberapa efek samping, mulai dari pegal hingga demam.

“Arahan dari Bapak Presiden, kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegal sedikit, demam sedikit,” kata Menkes Budi seperti dikutip dari keterangan resmi Puspen Kemendagri, Selasa (5/1/ 2021).

Untuk itu, tenaga kesehatan, yang menjadi sasaran prioritas penerima vaksin diminta tidak disuntikย  vaksin dalam satu waktu.

“Jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada empat perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua,” kata Budi.

Baca Juga :  MK Sebarkan Undangan Sidang Putusan Sengketa Pilpres, Pemohon Amicus Curiae Tak Diundang

Setelahย penyuntikanย vaksinย perdana pada 13 Januari 2021. Selanjutnya, diikuti secara serentak di 34 provinsi pada 14-15 Januari.

Untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik, program vaksinasi gratis bertahapย diawali dengan tiga kelompok, yakni kelompok pejabat publik pusat dan daerah, pengurus Asosiasi Profesi Tenaga Kesehatan dan Key Leader kesehatan daerah, serta tokoh agama daerah.

“Arahan Bapak Presiden jelas, akan dilakukan secara serentak, diawali di pusat, kemudian dilanjutkan di daerah, melibatkan tokoh masyarakat dan kalau ada tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh, misalnya, untuk diikutsertakan,” jelasnya.

Baca Juga :  Gugatan Sengketa Pilpres Ditolak MK Seluruhnya, Mahfud MD Legawa, Ucapkan Terima Kasih ke Pendukung

Budi juga meminta kepala daerah untuk mempersiapkan orang-orang yang akan mendapatkan prioritas programย vaksinasi, yang akan dibagi menjadi dua tahap.

“Bapak/Ibu Gubernur, kepala daerah, tolong persiapan, pilih orangnya, karena tanggal 14 – 15 kita akan mulai lakukan vaksinasi di daerah, terutama provinsi. Kemudian untuk proses vaksinasi, terutama tenaga kesehatan, tolong dibagi 2 tahap,” jelasnya.

Preaidwn Jokowi sendiri, dikabarkan bakal menerima vaksin pertama kali pada 13 Januari, sebelum dilanjutkan yang lain.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com