JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mantul, Pizza Wabin Rutan Wonogiri Empuk dan Harganya Terjangkau, Dibikin Para Warga Binaan Rutan Wonogiri Sudah Bisa Dipesan Melalui Aplikasi Online Loh

Pizza Wabin Rutan Wonogiri bikinan warga binaan Rutan Kelas II B Wonogiri. JSNews. Aris Arianto

IMG 20210121 WA0023
Pizza Wabin Rutan Wonogiri bikinan warga binaan Rutan Kelas II B Wonogiri. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Beragam ketrampilan diajarkan kepada warga binaan di Rutan Kelas II B Wonogiri. Salah satunya produksi roti, kue, makanan, hingga pizza.

Nah, khusus mengenai pizza, baru sekitar satu bulan terakhir ini diproduksi. Soal rasa dijamin bikin ketagihan. Harganya? Sangat terjangkau.

Media di Wonogiri berkesempatan mengunjungi Kedai Wabin, milik Rutan Kelas II B Wonogiri, Kamis (21/1/2021). Di kedai ini diproduksi dan dijual aneka roti, kue, hingga pizza.

Kedai Wabin (warga binaan) sudah beroperasi dua tahun. Produksi aneka roti dikerjakan oleh warga binaan rutan tersebut. Saat ini, produk wabin juga melayani pesanan via aplikasi online.

“Untuk roti dan bakery sudah dua tahun diproduksi. Kalau untuk pizza-nya baru sebulan ini. Untuk varian rasa ada bermacam-macam,” ungkap Kepala Rutan Kelas II B Wonogiri Daniel Kristanto melalui Kepala Keamanan Agus Susanto kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

Produk-produk karya warga binaan itu dilabeli dengan nama Wabin, atau singkatan dari Warga Binaan. Selain berbagai jenis roti seperti donat dan roti lainnya, warga binaan juga dilatih membuat kue pizza. Mereka diberi ruang khusus dalam pembuatan roti dan kue tersebut.

Baca Juga :  Ini Lansia Tertua yang Menerima Vaksin COVID-19 di Wonogiri, Ternyata Anggota DPRD Wonogiri Bernama Suparmo

“Selain untuk dijual di dalam Rutan, Kedai Wabin juga melayani masyarakat umum,” beber dia.

Ketrampilan pembuatan aneka kue ini dilakukan untuk memberikan edukasi atau pelatihan kepada warga binaan. Dengan harapan, setelah keluar nanti, mereka sudah memiliki kemampuan untuk hidup mandiri.

Adapun warga binaan yang terlibat di dalamnya sebanyak empat orang. Mereka dipandu oleh petugas sejak pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

“Kalau untuk harga satu boks kue pizza ini Rp 25 Ribu. Sementara, untuk roti dan bakery harganya bervariasi. Untuk donat, harga per bijinya Rp 2.000 sampai Rp 5.000. Silakan coba, rasanya pasti mantap,” tutur dia sembari sedikit berpromosi.

Baca Juga :  Efek Vaksinasi COVID-19 Untuk Lansia? Sudah Dibuktikan Wartawan Senior Wonogiri ini, Ternyata Tidak Ada Efek Samping Tak Ada Pegal Atau Ngantuk dan Tetap Bugar

Agus mengatakan, sebagai mentor pembuatan roti maupun pizza itu pihaknya melibatkan salah satu petugas di Rutan. Sang mentor bertugas menyiapkan bahan baku di kedai kue dan roti itu sekaligus memberikan resep-resepnya dan mengajari cara pembuatannya.

Kepala Keamanan Rutan Wonogiri ini menyebut, soal rasa, boleh diadu dengan pizza produk dari luar tembok penjara. Salah satu ciri khas pizza Wabin adalah tekstur roti yang digunakan sangat empuk tidak alot.

Pihaknya juga berencana mengembangkan usaha tersebut. Oleh sebab itu, dia menggagas supaya produk-produk wabin dapat dikenal dan dinikmati masyarakat Wonogiri.

“Ke depan akan kita buka outlet di depan Rutan, biar yang mau pesan lebih mudah. Untuk saat ini, apabila masyarakat umum ingin menjajal produk-produk Wabin sudah dapat dipesan melalui aplikasi ojek online untuk pesan antar makanan,” sebut dia. Aria