JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pesawat Sriwijaya Air SJY 182 Hilang Kontak, Begini Kronologinya Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya: Hilang dari Radar dalam Hitungan Detik

Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air. Foto: Istimewa
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pesawat Boeing 737-500 milik maskapai Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB.

Pesawat dengan nomor penerbangan SJY 182 itu berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta tujuan Bandara Soepadio, Pontianak.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan kronologi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air SJY182 tersebut. Ia mengatakan armada tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 14.36 WIB. “Kemudian Pukul 14.37 WIB masih di (ketinggian) 700 feet (kaki),” ujar Budi Karya.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

Kemudian, lanjut Budi Karyadi, pilot Sriwijaya Air meminta izin kepada air traffic control (ATC) di Soekarno-Hatta untuk menaikkan ketinggian.

Pilot memperoleh izin meningkatkan ketinggian terbang di 29.000 kaki pada pukul 14.37 WIB dengan standar instrumen departure.

Namun pada pukul 14.40 WIB, ATC tidak melihat pesawat Sriwijaya Air menuju koordinat yang semestinya. Oleh karenanya, ATC meminta pilot untuk melaporkan arah. “Dalam hitungan detik, SJY182 hilang dari radar,” ujar Budi Karya.

Menurut dia, manajer operasi maskapai langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan instansi terkait. Sehingga segera dilakukan pencarian. Pada pukul 17.30 WIB, Presiden Joko Widodo memberikan perintah untuk memaksimalkan pencarian tersebut.

Baca Juga :  Susul Megawati dan BEM 4 Perguruan Tinggi, Rizieq Shihab dan Din Syamsuddin Cs Ajukan Amicus Curiae ke MK

Saat ini, tim dari Basarnas hingga TNI Angkatan Laut telah mengerahkan sejumlah kapal patroli.

Adapun saat hilang kontak, pesawat Sriwijaya Air tersebut diketahui membawa 62 penumpang. Sebanyak 50 di antaranya adalah penumpang dan 12 lainnya kru.

Posko untuk keluarga penumpang kini dibuka di pintu Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. “Informasi dari Sriwijaya Air untuk informasi penumpang dapat menghubungi nomor kontak 02180637817,” ujar Budi Karya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com