JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Setiba di Pesantren, Abu Bakar Baasyir Langsung Masuk Rumah Tak Ada Seremonial Penyambutan. Petugas Keamanan Pondok Dikerahkan di Sejumlah Pintu Masuk Ngruki

Suasana Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki menjelang kedatangan Ustad Abu Bakar Baasyir. Foto: JSNews/Prihatsari

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menjelang kedatangan Abu Bakar Ba’asyir, Jumat (8/1/2021), petugas pengamanan dari TNI Polri berjaga-jaga di sejumlah pintu masuk kawasan Ngurki, Sukoharjo. Pihak Ponpes Al Mukmin Ngruki juga memutuskan untuk menambah personel pengamanan yang dilakukan secara swakarsa.

 

Jubir Ponpes Al Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono mengatakan, penambahan pengamanan telah ditambah sejak Kamis (7/1/2021) malam di beberapa titik di kawasan Ponpes. Awalnya, pihak Ponpes mengerahkan 30 personel pengamanan. Kini ditambah menjadi 100 orang personel pengamanan.

Baca Juga :  Sidang Praperadilan Koboy Penembak Alphard, Saksi Ahli Nilai Polisi Inkonsisten

“Pengamanan ditambah sudah sejak tadi malam. Personel pengamanan baik dari ponpes, alumni dan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS),” paparnya, Jumat (8/1/2021).

Pengamanan swakarsa dari pihak Ponpes dilakukan pada sekitar Ponpes khususnya di pintu gerbang Utara, selatan dan barat. Menurut Endro, Abu Bakar Ba’asyir keluar dari Lapas Gunung Sindur Bogor sekitar pukul 05.24 WIB. Abu Bakar Ba’asyir bersama rombongan diperkirakan tiba di Ponpes sekitar pukul 14.00 WIB setelah melakukan perjalanan sekitar delapan jam.

Baca Juga :  Masih Tinggi, Dalam Sehari Tambah Positif Covid-19 di Solo Tambah 178 Total 6.582 Kasus

Pihak pondok maupun jamaah Abu Bakar Baasyir di Surakarta tidak akan mengadakan acara seremonial penyambutan mengingat situasi pandemi dan kondisi fisik almarhum yang sudah lanjut usia. “Kita tidak ada sambutan khusus. Begitu tiba, Ustadz langsung masuk dan tidak menemui tamu siapapun,” tukasnya.

Sementara itu, Abu Bakar Ba’asyir resmi bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jumat, 8 Januari 2021 pukul 05.21 WIB. Kepulangan Abu Bakar Ba’asyir dijemput oleh pihak keluarga.  Prihatsari