JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

YouTuber Kaki Lima dapat Surat Peringatan Gara-gara Konten Video Review Produk, Eiger Jadi Trending Topic di Twitter. Netizen Ramai Berkomentar


JOGLOSEMARNEWS.COM Seorang YouTuber membeberkan sebuah surat keberatan yang diterimanya dari salah satu produsen perlengkapan outdoor setelah dirinya membuat konten video review produk.

Pemilik akun Twitter, @duniadian, mengunggah foto surat bertajuk Surat Keberatan dengan kop surat PT Eigerindeo Multi Produk Industri, produsen perlengkapan outdoor merek Eiger.

Dalam surat tersebut tertulis bahwa mereka merasa keberatan dengan video yang diunggah ke kanal YouTube duniadian dan meminta agar video tersebut diperbaiki atau dihapus.

Ada sejumlah poin dalam surat tersebut yang menjadi pertimbangan pengirim yakni terkait kualitas video yang kurang bagus hingga menyebabkan produk yang di-review menjadi terlihat kurang jelas, audio dari video yang tidak jelas, serta setting lokasi pengambilan video yang dinilai kurang pas.

Di akhir surat itu juga tertulis pesan harapan kepada penerima surat agar menjadi YouTuber yang lebih baik dalam membuat konten video review.

“Demikian surat keberatan ini kami sampaikan. Kami berharap saudara dapat menjadi seorang YouTuber yang lebih baik lagi dalam mereview video,” tulis surat bertanggal 23 Desember 2020 tersebut.

surat keberatan
Twit yang menunjukkan surat keberatan yang diterima YouTuber duniadian karena me-review produk. Foto: Twitter/duniadian

Mendapat surat keberatan itu, pemilik kanal YouTube duniadian, Dian Widiyanarko, mengaku kaget. Pasalnya, dirinya tidak merasa sedang di-endorse saat me-review produk dalam video.

Baca Juga :  Viral Fenomena Cahaya Berwarna Pelangi di Langit Malang Usai Gempa Bumi, Ini Kata BMKG

Ditambah lagi, ia membeli produk tersebut dan membuat video review dengan peralatannya sendiri.

“Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda. Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu. Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri,” tulisnya di Twitter, Kamis (28/1/2021).

Lebih lanjut, Dian mengaku bisa menerima jika video buatannya belum sempurna. Namun ia menegaskan bahwa dirinya tidak akan menghapus konten video review yang dibuatnya, yang telah diunggah ke kanal YouTube miliknya pada 31 Agustus 2020 lalu.

“Ya maaf kalau gak sempurna karena saya youtuber kaki lima belum bintang lima yang alatnya cinematik.”

“Tapi okelah kalau anda keberatan, saya terima keberatannya dan saya mohon maaf. Tapi permintaan untuk menghapus, sory gak bisa,” lanjut Dian dalam twitnya.

Mengaku kecewa dengan surat tersebut, Dian pun memilih tidak lagi membeli maupun me-review produk dari produsen tersebut, meski ia mengaku sudah lama menjadi konsumen setia.

Baca Juga :  Viral Fenomena Cahaya Berwarna Pelangi di Langit Malang Usai Gempa Bumi, Ini Kata BMKG

“Malah seharusnya anda berterima kasih, dapat promosi gratis ke 37 ribu subscribers.
Wong videonya tonenya positif.”

“FYI saya ini konsumen setia EIGER sejak lama.”

“Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan mereview di channel saya lagi. Biar hanya youtuber bintang lima dengan alat canggih saja yang mereview produk anda,” tukasnya.

video review
Tangkapan layar video ulasan produk kacamata yang berujung pada surat keberatan dari produsen produk kacamatan. Foto: YouTube/duniadian

Dian membuat video mengulas tentang produk kacamata merek Eiger Kerato yang kemudian diunggah ke kanal YouTube miliknya. Dalam video berdurasi 10 menit 8 detik itu, Dian membagikan penilaiannya tentang produk kacamata tersebut, yang menurutnya pas untuk para pesepeda.

Perihal surat keberatan itu pun menjadi perbincangan hangat di media sosial Twitter hingga membuat kata “Eiger” menjadi trending topic dengan lebih dari 17 ribu pengguna Twitter men-twit terkait hal tersebut.

Netizen pun ramai berkomentar terkait hal itu. Salah satunya selebritas Reza Oktovian. “Gua cuma baca doang tersinggung. boomer,” tulisnya melalui akun @YBRAP.

“Nggak ngerti jalan pikiran yang bikin surat ini,” tulis Boy Candra lewat akun @dsuperboy.