JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Unik, Jejak Dinosaurus Berusia 220 Juta Tahun Ini Ditemukan oleh Gadis 4 Tahun Saat Main di Pantai

Jejak kaki dinosaurus sepanjang 10 cm ditemukan oleh Lily Wilder di dekat Bendricks Bay di Wales selatan, pada 30 Januari 2021. Kredit: Amgueddfa Cymru - Museum Nasional Wales / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dunia masa silam adalah bukan sekadar kenangan. Namun juga menjadi sejarah sekaligus ilmu pengetahuan. Uniknya, jendela sejarah dan ilmu pengetahuan itu bisa saja diketemukan secara tidak sengaja, bahkan oleh seorang anak kecil.

Belum lama ini, seorang gadis berusia empat tahun mengejutkan ahli paleontologi setelah dia menemukan jejak dinosaurus yang terawetkan dengan sempurna yang berasal dari 220 juta tahun yang lalu.

Lily Wilder membuat penemuan itu pada 23 Januari saat berjalan di sepanjang pantai di South Wales bersama ayah dan anjingnya. Keluarga itu sedang dalam perjalanan ke supermarket ketika Wilder melihat jejak kaki itu tercetak di batu.

“Jejak itu di atas batu yang rendah, setinggi bahu Lily, dan dia melihatnya dan berkata, ‘lihat, Ayah,'” kata ibunya, Sally Wilder, kepada NBC News, 31 Januari 2021. “Dia sangat bersemangat tapi tidak begitu mengerti betapa menakjubkannya itu.”

Awalnya, keluarga mengira cetakan itu, yang panjangnya lebih dari 10 cm (4 inci), digores di atas batu oleh seorang seniman.

Tetapi ibu Sally sadar bahwa jejak kaki serupa telah ditemukan di sepanjang pantai itu sebelumnya, jadi dia memposting tentang penemuan mereka di media sosial.

“Saya menemukan halaman identifikasi fosil ini di Facebook dan saya mempostingnya di sana dan orang-orang menjadi sedikit gila,” katanya kepada Wales Online.

Tak lama kemudian, The National Museum of Wales menghubungi keluarga Wilder, dan para pejabat sejak saat itu mengambil cetakannya dan menaruhnya di museum.

Para ahli percaya bahwa jejak kaki itu kemungkinan besar ditinggalkan oleh dinosaurus yang tingginya sekitar 75 sentimeter (29,5 inci) dan panjang 2,5 meter (sekitar 8 kaki) dan berjalan dengan dua kaki belakangnya.

Tidak mungkin untuk mengidentifikasi dengan tepat jenis dinosaurus itu, meskipun para ahli biasanya mengklasifikasikan cetakan sebagai Grallator.

Ilmuwan Welsh menyebut penemuan gadis itu sebagai “kesan terbaik dari cetakan dinosaurus berusia 215 juta tahun yang ditemukan di Inggris dalam satu dekade,” menurut Wales Online.

“Ini sangat sempurna dan benar-benar murni. Ini adalah karya yang luar biasa,” kata Karl-James Langford dari Archaeology Cyrmu, menurut Wales Online.

“Saya akan mengatakan itu penting secara internasional dan itulah mengapa museum langsung mengambilnya. Inilah betapa pentingnya itu. Saya akan mengatakan itu jejak kaki dinosaurus terbaik yang ditemukan di Inggris dalam 10 tahun terakhir,” tambahnya.

Keluarga tersebut mengatakan minat putri mereka pada dinosaurus telah dipicu sejak penemuan itu dan bahwa dia telah bermain-main dengan koleksi mainan dan model dino.

Museum Nasional di Cardiff, yang saat ini ditutup karena pandemi Covid-19, mengatakan bahwa Lily dan teman-teman sekelasnya akan diundang ke pameran setelah dibuka kembali.

“Yang menakjubkan adalah, jika namanya tercatat sebagai penemu jejak dinosaurus di museum, bisa jadi cucunya akan mengunjunginya di museum suatu hari nanti, dan selama bertahun-tahun dan generasi yang akan datang, yang sangat menakjubkan,” ibu Sally memberi tahu Wales Online.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com