JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kebut Distribusi, Pemerintah Targetkan Satu Juta Vaksinasi Covid-19 Per Hari

Ekspresi salah satu wartawan di Solo saat menjalani vaksinasi Covid di RS PKU Muhammadiyah, Selasa (23/2/2021). Foto: JSNews/Prabowo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah menargetkan satu  juta vaksinasi Covid-19 setiap harinya untuk mempercepat proses distribusi vaksinasi yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

“Nah karena itu makin hari makin naik, makin hari makin naik, dan target kita adalah 1 juta per hari. Ini harus dicapai dan ini juga permintaan Presiden supaya itu diperoleh,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/2/2021).

Ma’ruf mengungkapkan sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga :  Muhammadiyah Terbitkan Surat Edaran Ibadah Ramadan 1442 Hijriah, Pasien Positif Covid-19 dan Tenaga Kesehatan Tidak Diwajibkan Puasa

Di antaranya dengan menyederhanakan prosedur teknis seperti registrasi, distribusi, dan data penerima vaksin.

Jumlah vaksin juga akan ditambah, tidak hanya mengandalkan impor, tetapi mempercepat produksi vaksin yang dibuat di dalam negeri.

Selain itu, kata Ma’ruf, tenaga vaksinator juga diperbanyak dari TNI dan Polri, serta menambah tempat vaksinasi yang diperbanyak, tidak hanya di Rumah Sakit pemerintah, namun Rumah Sakit swasta dilibatkan dan sejumlah tempat lain yang akan difungsikan.

Baca Juga :  Tak Menyerah Ditolak Menkumham, Demokrat Versi KLB Deli Serdang Masukkan Gugatan Terhadap AHY Cs ke PN Jakpus

“Bahkan di Jawa Barat itu bukan hanya Puskesmas, tapi juga semacam pos-pos ya, gedung-gedung yang punya pemerintah itu digunakan untuk melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Pemerintah sudah memulai vaksinasi tahap kedua. Program ini menyasar 38 juta penduduk, yang terdiri dari pejabat layanan publik dan lanjut usia atau usia di atas 60 tahun.

Adapun vaksinasi Covid-19 tahap pertama sudah dilakukan sejak pertengahan Januari 2021 dan menyasar 1,48 juta tenaga kesehatan.

www.tempo.co