JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Diserbu Netizen Indonesia karena Hasil Survei, Microsoft Tutup Kolom Komentar di Instagram

Tangkapan layar unggahan akun Instagram Microsoft yang dibanjiri komentar netizen Indonesia. Foto: Instagram/microsoft

JOGLOSEMARNEWS.COM Microsoft akhirnya mengambil langkah preventif setelah akun Instagram miliknya diserbu netizen Indonesia. Raksasa perusahaan teknologi itu memilih mematikan fitur kolom komentar di sebagian unggahannya di Instagram.

Pada Sabtu (27/2/2021), terlihat akun Instagram @microsoft telah menutup kolom komentar pada sembilan postingan terakhirnya.

Diduga hal itu terkait banjir komentar dari netizen Indonesia setelah Microsoft merilis hasil survei tahunan yang menyebut pengguna internet di Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara.

Berawal dari laporan Digital Civility Index (DCI) atau Indeks Kesopanan Digital yang dirilis Microsoft itu, Indonesia berada di peringkat 29 dari 32 negara yang disurvei oleh perusahaan tersebut.

Posisi itu menempatkan netizen Indonesia menjadi yang paling tidak sopan di wilayah Asia Tenggara, dalam menggunakan internet.

Sementara peringkat teratas secara global adalah Belanda, yang kemudian berurutan diikuti Inggris, Amerika Serikat, Singapura, dan Taiwan pada lima besar. Hal itu berarti netizen Singapura menjadi yang paling sopan berinternet di kawasan Asia Tenggara.

Melansir dari laman news.microsoft.com, survei Indeks Kesopanan Digital tersebut dilakukan sejak 2016 dan telah memasuki laporan tahun kelima. Laporan tahunan terbaru diselesaikan pada April hingga Mei 2020 lalu.

Survei tersebut dilakukan dalam rangka mengajak kepada pengguna internet untuk dapat berinteraksi online secara lebih aman, lebih sehat, dan lebih saling menghormati satu sama lain.

Survei dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada lebih dari 16.000 responden dari 32 negara, dengan 503 di antaranya berasal dari Indonesia.

Setelah merilis hasil survei tersebut, akun Instagram milik Microsoft pun langsung dibanjiri komentar netizen Indonesia. Hal itu dapat dilihat pada postingan terbarunya pada Kamis 25 Februari 2021.

Dalam unggahan Microsoft soal ‘word of the day’ itu, banyak dijumpai komentar berbahasa Indonesia. Beberapa bahkan dengan kata-kata kasar.

Belum Berhenti

Kendati telah mematikan kolom komentar di sembilan unggahan terakhir, namun serangan netizen Indonesia belum berakhir.

Hal tersebut terlihat dari postingan di akun Instagram Microsoft pada 18 Februari 2021, yang masih membuka kolom komentar, langsung menjadi sasaran komentar berbahasa Indonesia.

Hingga Sabtu (27/2/2021), postingan tersebut telah mendapat lebih dari 16 ribu komentar. Jauh dibandingkan unggahan lainnya yang rata-rata mendapat tidak lebih dari 1.000 komentar.

Netizen Indonesia pun masih membahas seputar survei yang dilakukan Microsoft pada unggahan tersebut.

“Sudah terbukti netizen Indo paling tidak sopan se-Asia Tenggara, sampai komen Microsoft dinonaktifkan,” tulis salah seorang netizen Indonesia di kolom komentar.

“Nampaknya survei mengenai kesopanan berinternet orang Indonesia yang dilakukan oleh Microsoft terbukti benar dan bukanlah sebuah omong kosong,” komentar netizen Indonesia lainnya.

“Netizen yang komentar negatif di sini tuh semakin membuktikan bahwa riset yang dilakukan Microsoft ini memang benar adanya. Bukannya introspeksi diri malah nyolot gini. Menyedihkan sekali,” tulis komentar netizen Indonesia.