JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dubes Indonesia untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang Meninggal dalam Usia 76 Tahun

Sinyo Harry Sarudajang / tempo.co
ย ย ย 
Sinyo Harry Sarudajang / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM ย – Duta Besar Indonesia untukย Filipinaย merangkap kepulauan Marshal dan Palau,ย Sinyo Harry Sarundajang, meninggal dalamnusi 76 tahun.

Informasi tersebut diketahui dari akun twitter resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Turut berduka cita atas meninggalnyaย DR. Drs. Sinyo Harry Sarundajang,” tulisnya.

Kabar duka tersebut juga dibenarkan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah.

“Betul,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (13/2/2021).

Sinyo diketahui meninggal dunia di RS MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta pada usia 76 tahun. Jenazah rencana akan disemayamkan di RSPADย pukul 16.00 WIB dan selanjutnya akan dimakamkan di Manado, Sulawesi Utara.

Baca Juga :  Denny Indrayana: MK Sulit Keluar dari Kerangkeng Putusan 90

Ssbagaimana diketahui, Sinyo Harryย merupakanย Gubernur Sulawesi Utara ke-12 periode 2005-2010 dan 2010-2015, selama pemerinthan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian, di masa pemerintahanย  Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Februari 2018, Sinyo Harry dilantik ย menjadiย Dubesย Indonesia untuk Filipina.

Dari Wikipedia diketahui,ย  Dr.ย Drs.ย Sinyo Harry Sarundajang lahir di Kawangkoan,ย Minahasa,ย Sulawesi Utara,ย 16 Januariย 1945.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Diaย  adalah mantanย Gubernur Sulawesi Utaraย ke-12 yang menjabat selama dua periode. Pada pemilihan Kepala Daerah Sulawesi Utara 2005-2010, ia berpasangan denganย Freddy Harry Sualang.

Pada pemilihan Kepala Daerah Sulawesi Utara 2010-2015, ia berpasangan denganย Djouhari Kansil. Sebelumnya ia juga merupakan Birokrat pada Departemen Dalam Negeri yang pernah ditunjuk menjadi Penjabat Gubernur di 2 provinsi yaitu Provinsiย Malukuย danย Maluku Utara.

Pada Februari 2018, ia dilantik oleh Presidenย Joko Widodoย sebagai Duta Besar Indonesia untukย Filipinaย merangkapย Kepulauan Marshallย danย Palau.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com