JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Haedar Nashir: Buzzer Jadi Musuh Terbesar Kalangan Pers. Ini Alasannya

Tribunnews
   

 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM -Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, turut mengucapkan selamat Hari Pers Nasional yang jatuh setiap 9 Februari sekaligus HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang ke-75.

Dalam kesempatan itu, ia berpesan agar pers menjadikan momentum bersejarah ini sebagai kekuatan yang mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat.

Haedar Nashir berharap media menjadi checks and balances dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam mencerdaskan bangsa, fungsi pers yaitu media cetak, televisi, radio, dan kini media daring menjadi pranata sosial yang mengedukasi elite dan warga. “Agar menjadi insan yang berpikir jernih, obyektif, moderat, cerdas, beretika dan berdaya kritis,” kata Haedar, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga :  Jelang Pengumuman Sengketa Pilpres Cak Imin Unggah Foto Bareng Sufi Dasco Gerindra, Sinyal Gabung Prabowo?

Ia menekankan, pers bertanggung jawab atas pesan dan informasi yang disuarakan ke ruang publik secara objektif dan profesional. Serta, tidak masuk dalam pusaran politik partisan maupun kepentingan lain yang bisa meluruhkan fungsi utama pers.

Pers Indonesia bersama-sama komponen bangsa dituntut hadir menegakkan kebenaran, keadilan, kedamaian, persatuan, dan kemajuan bangsa dan negara. Seraya menjauhkan dari hal-hal yang meresahkan, memecah persatuan, dan konflik antarkomponen bangsa.

“Fungsi integrasi sosial sangat diharapkan dari pers Indonesia. Musuh terbesar dunia pers saat ini, khususnya pers daring melalui jalur media sosial, merupakan buzzer yang nirtanggung jawab kebangsaan yang cerdas dan berkeadaban mulia,” ujar Haedar.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud Ditolak, Hasto PDIP: MK Makin Melegalkan Indonesia sebagai Negara Kekuasaan

Hal itu, kata Haedar, agar kehidupan berbangsa dan bernegara tidak terbawa kepada suasana yang kontroversi menjurus ke konflik sosial antarsesama anak bangsa. “Pers dalam dinamika politik kebangsaan penting jalankan fungsi checks and balances. Sebagaimana menjadi DNA media massa sepanjang sejarah di negeri manapun,” kata Haedar.

Haedar berpesan agar pers tidak lantas membiarkan dunia kebangsaan dan kenegaraan di Tanah Air tercinta menjadi timpang. Terlebih, tanpa fungsi kritis pers yang konstruktif demi masa depan Indonesia yang demokratis dan berkemajuan.

“Pers dituntut proaktif mengakselerasi dinamika kehidupan kebangsaan agar Indonesia menjadi negara maju di era dunia modern abad ke-21,” ujar Haedar.(ASA)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com