JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tirakatan HPN di Solo, Wali Kota Rudy: Pers Berperan Sangat Penting dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 di Solo diadakan di Monumen Pers Nasional, Senin (8/2/2021) malam. Foto: Seger
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Persatuan Wartawan Indonesias (PWI) Kota Solo menggelar acara malam tirakatan dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Monumen Pers Nasional, Senin (8/2/2021) malam.

Dalam acara itu, sejumlah pejabat penting Kota Bengawan turut hadir, mulai Wali Kota FX Hadi Rudyatmo (Rudy), Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Kasdim 0735/Surakarta Mayor Inf Alfian Yudha Praniawan, pengurus PWI Solo, hingga sejumlah wartawan.

Dalam sambutannya, Rudy menyebut peran besar pers dalam penanganan Covid-19, termasuk di Kota Solo. Media dinilainya memiliki kontribusi penting membangun kesadaran warga untuk mencegah penularan Covid-19 pada masa pandemi.

“Selamat memperingati yang ke-75 tahun HPN, semoga tetap semangat untuk memberikan informasi edukasi kepada masyarakat. Pers perannya sangat penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Rudy kepada awak media.

Baca Juga :  Pertamina Amankan Persediaan BBM dan Elpiji di Soloraya Selama Periode Ramadan dan Lebaran 2024

Pada masa pandemi Covid-19, ia mengatakan, peran pers sangat penting dalam menumbuhkan pemahaman warga mengenai penularan virus corona dan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus tersebut.

Dia mengapresiasi dukungan pers bagi pembangunan Kota Surakarta. “Tidak ada kesan-kesan yang negatif bagi saya untuk insan pers. Karena pers sangat penting dalam membangun negeri,” tuturnya.

Ketua Dewan Kehormatan PWI Surakarta Begog D Winarso dengan suara terbata-bata memberikan tumpeng kepada FX Rudy Hadiatmo, anggota kehormatan PWI yang juga Walikota Solo yang bakal mengakhiri masa jabatannya sebagai Walikota Solo setelah bertugas selama 10 tahun sebagai Walikota Solo dan lima tahun sebagai wakil walikota Solo.

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

“Pak Rudy ini contoh nyata, pemimpin yang merakyat. Ditulis wartawan jelek tidak pernah marah, dan sering melempar humor guyon gayeng sehingga hubungannya erat njobo-njero dengan wartawan” papar Begog.

Sementara Kepala Monumen Pers Nasional (MPN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Hastjaryo mengharap momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 harus mampu membakar semangat berjuang kaum jurnalis dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Dengan cara berpartisipasi secara aktif dalam menyebarkan pesan optimisme di berbagai lapisan masyarakat. Peringatan HPN 2021, harus mampu membakar semangat kaum wartawan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Kepala Monumen Pers Nasional (MPN). Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com