JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Motivator Komunikasi, Aqua Dwipayana Bikin Kejutan di Tengah Prajurit Rindam IV/Diponegoro. Berikan Hadiah Umrah untuk Prajurit

Aqua Dwipayana saat menyampaikan motivasi mengenai komunikasi kepada prajurit di lingkungan Kodam IV/Diponegoro. Foto: istimewa
   

 

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM -Pakar Komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana kembali membuat kejutan. Saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran (Dodiklatpur) Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro di Klaten, Jawa Tengah, Selasa sore (2/2/2021), tiba -tiba Aqua menyampaikan akan memberikan hadiah umroh kepada salah seorang prajurit di Dodiklatpur tersebut.

Pernyataan Aqua Dwipayana yang spontan itu membuat puluhan orang yang hadir di aula Gatot Subroto yang sangat luas tersebut langsung kaget. Mereka sama sekali tidak menyangka motivator ulung itu memberikan hadiah umroh.

Komandan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar yang hadir di acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu ikutan kaget. Bapak dua anak tersebut sambil tersenyum langsung berpandang-pandangan dengan istrinya Mega Ginda yang duduk di sebelahnya.

“Hadiah umroh dari saya sekeluarga ini merupakan apresiasi kami kepada para prajurit di Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro ini. Silakan Komandan Mas Ginda yang menunjuk prajuritnya. Insya Allah berangkatnya bersama rombongan umroh The Power of Silaturahim (POS) V pada 2022 mendatang yang dipimpin Mas Nurcholis MA Basyari,” ujar Aqua.

 

Menunjuk Prajurit Terbaik

Sejak 2017 lalu Aqua Dwipayana rutin setiap tahun memberangkatkan puluhan orang untuk ibadah umroh. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari Papua.

 

Sampai sekarang yang sudah berangkat umroh 124 orang. Dananya diambil dari penjualan buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang telah dicetak delapan kali sebanyak 160 ribu eksemplar. Juga honor Dr Aqua sebagai pembicara profesional dan sumbangan dari para donatur termasuk dari direktur utama Duta Anggada Realty Jakarta Ventje Suardana yang rutin setiap tahun menyumbang.

Pada 15 April 2020 lalu seharusnya berangkat umroh sebanyak 43 orang. Mereka tergabung dalam rombongan umroh POS IV. Karena pandemi Covid-19 keberangkatannya ditunda hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Baca Juga :  Duel Manusia Silver di Klaten Berujung Maut,  2 Nyawa Melayang

Aqua mempercayakan sepenuhnya kepada Nurcholis MA Basyari untuk rutin memimpin rombongan umroh POS. Bapak dua anak itu telah memutuskan wartawan senior tersebut sebagai pemimpin umroh POS seumur hidup.

Komandan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar secara khusus kepada Dr Aqua menyampaikan terima kasih atas hadiah umroh yang diberikan kepada prajuritnya. Mantan Dandim Kendal, Jawa Tengah itu akan menunjuk salah seorang prajurit terbaik untuk berangkat umroh.

“Terima kasih banyak Pak Aqua atas hadiah umroh dari bapak sekeluarga. Saya akan menunjuk salah seorang prajurit untuk menerima hadiah tersebut. Jika sudah diputuskan orangnya namanya saya serahkan ke bapak,” ucap Ginda.

Sebelumnya Aqua telah memberikan hadiah umroh kepada seorang prajurit yang bertugas di Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista Sleman, Yogyakarta. Dia memberikan hadiah itu secara spontan saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Gedung Serba Guna Batalyon tersebut pada Kamis (21/1/2021) lalu.

Aqua melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista sebagai bekal buat para prajurit yang akhir Januari 2021 ini mau tugas operasi ke perbatasan Papua dan Papua New Guinea di sektor Utara. Rencananya sebanyak 450 prajurit dari Batalyon tersebut akan dikirim ke sana.

Prajurit yang beruntung mendapatkan hadiah umroh itu adalah Pratu Solah Safi’i yang sudah sekitar 6 tahun bertugas di Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista. Laki-laki asal Riau tersebut sehari-hari bertugas sebagai pengemudi di kompi.

“Saya dan istri Indriyana Pratiwi yang sedang hamil empat bulan anak pertama kami, sangat bersyukur atas hadiah umroh tersebut. Sama sekali tidak menyangka saat diundi nama saya yang keluar,” ujar Solah penuh gembira.

Baca Juga :  Duel Manusia Silver di Klaten Berujung Maut,  2 Nyawa Melayang

Menurut Solah ketika Aqua menyampaikan akan memberi hadiah umroh tersebut, dirinya dalam hati langsung mengucapkan shalawat kepada nabi Muhammad SAW. Berdoa agar mendapatkan hadiah itu.

Allah SWT mengabulkan doa Solah. Namanya keluar saat diundi. Hal itu membuatkan sangat bersyukur dan gembira sekali. Rencananya hadiah umroh itu akan diambilnya setelah selesai melaksanakan tugas operasi. Waktunya pas karena di Papua sekitar 9 bulan.

 

Kegiatan Paling Istimewa

Kehadiran Aqua Dwipayana memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro dilakukan secara mendadak. Tidak masuk dalam agenda kegiatannya dalam minggu ini.

Selasa pagi kemarin saat dalam perjalanan dari Solo ke Kodim Klaten, Aqua lewat telepon komunikasi sama Ginda. Begitu tahu akan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodim Klaten, spontan Ginda minta Aqua untuk melakukan kegiatan serupa ke jajarannya.

“Saya mohon Pak Aqua berkenan untuk juga melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di tempat kami. Mengenai waktunya saya serahkan sepenuhnya ke bapak. Kami menyesuaikan saja,” kata Ginda.

Aqua yang sangat senang dengan undangan itu langsung menyatakan siap. Kemudian menyampaikan ke Ginda bahwa Selasa kemarin ada tiga sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi yang sudah diagendakan yakni di Kodim Klaten, Kodim Boyolali, dan Kodim Sukoharjo.

Setelah melihat jadwalnya, Aqua memutuskan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro dilaksanakan sore hari. Dalam kondisi hujan lebat Dr Aqua menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Sukoharjo ke Klaten.

“Selama saya Sharing Komunikasi dan Motivasi sekitar 37 sesi di jajaran Kodam IV/Diponegoro, ini adalah kegiatan yang paling istimewa. Selain acaranya mendadak, juga pesertanya lengkap. Ada prajurit, aparatur sipil negara, Ibu-ibu Persit, dan anak-anak prajurit. Saya senang sekali dengan semua ini,” pungkas Aqua.(ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com