JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mulai Siang Ini, Warga Sudah Bisa Melewati Flyover Purwosari. Dilarang Selfie dan Menghentikan Kendaraan di Atas

Suasana Fly over Purwosari saat ujicoba beberapa waktu lalu. Foto: JSNews/Triawati
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat yang sudah tidak sabar untuk melewati jalur Flyover Purwosari, Solo akhirnya bisa terpenuhi keinginnya melintasi jalur tersebut. Warga sudah bisa menggunakan flyover tersebut mulai hari ini, Sabtu (13/2/2021).

Rencananya, jalur flyover yang membentang di atas rel kereta api Purwosari tersebut akan diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Sabtu pagi (13/2/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengatakan peresmsian akan dilakukan secara langsung di lokasi Flyover Purwosari. “Pak Menteri (Menteri PUPR) ke lokasi langsung tidak daring. Sabtu kita resmikan,” ungkap Walikota yang akrab disapa Rudy ini.

Rudy juga memastikan peresmian Flyover Purwosari tidak ditunda lagi. Karena sebelumnya, rencana awal peresmian dilakukan pada Selasa (9/2/2021) lalu. Namun karena Menteri PU PR mengikuti rapat dengan Presiden Joko Widodo, akhirnya peresmian ditunda Sabtu ini.

Baca Juga :  Terlanjur Malu Jadi Motif Penipuan Catering di Solo dengan Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

Diungkapkan Rudy, setelah dilakukan seremonial peresmian oleh Menteri PU PR, maka selanjutnya jalur tersebut sudah langsung bisa digunakan oleh warga. “Kalau acara peresmian sudah selesai ya langsung bisa digunakan untuk masyarakat. Acara peresmian gak lama, mungkin cuma satu jam. Ditambah beres-beres, ya kemungkinan jam 11.00 atau 12.00 sudah bisa dibuka untuk umum. Silakan masyarakat bisa langsung menggunakan,” jawab Rudy soal kapan sudah bisa dibuka untuk umum.

Menurut Rudy, pengerjaan Flyover Purwosari sudah selesai. Hanya tinggal pemantauan dan pembenahan kecil-kecil. Selanjutnya masyarakat bisa memanfaatkan jalan layang sepanjang 700 meter itu.

Pejabat Pembuat Komitmen 1.6 Provinsi Jawa Tengah, Tisara Sita, selaku pihak yang mengawal pembangunan flyover, menambahkan selama penundaan peresmian kemarin pihaknya menyelesaikan pekerjaan minor. Antara lain ialah penanda selamat datang berwujud penari gambyong.

Baca Juga :  Peringati Hari Konsumen Nasional, Paknas Gelar Diskusi Reposisi Hak Konsumen Tembakau

Pihaknya mengoptimalkan waktu dengan melakukan beberapa perbaikan. Ada pengecatan ulang hingga penyelesaian bagian tambahan di Flyover Purwosari. Misalnya pengecatan ornamen batik, skate park dan lainnya.

Proyek pembangunan Flyover Purwosari yang berada di Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah sebetulnya sudah rampung beberapa waktu lalu. Jembatan layang ini juga sudah melewati tahap uji coba yang dilakukan pada akhir 2020.

Sementara untuk pengaturan arus lalu lintasnya sama seperti saat uji coba berlangsung. Untuk sementara kendaraan berat dilarang melintas sampai ada keputusan selanjutnya. Untuk kendaraan berat tetap diarahkan ke Jalan Radjiman terlebih dulu untuk sementara waktu ini.

Walikota meminta masyarakat yang menggunakan jalur tersebut mementingkan keselamatan berlalu lintas. “Jangan selfie-selfie di atas fly over. Kendaraan juga jangan berhenti di tengah flyover,” katanya. (A Syahirul)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com