JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Siapa Sosok Tokoh Dunia Boden Powell yang Kelahirannya Begitu Dihayati di MTsN di Plupuh Sragen Ini. Setiap Tahun, Menginspirasi Semua Siswa dan Warga Sekolah untuk Cinta Lingkungan

Para siswa MTsN 4 Plupuh Sragen saat menggelar kegiatan tanam pohon memeringati Hari Boden Powell, Senin (22/2/2021). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Semangat melestarikan jiwa kepanduan melalui pramuka di MTsN 4 Sragen patut mendapat apresiasi.

Hal itu dibuktikan dengan serangkaian kegiatan positif berbasis kepanduan yang digelar bertepatan dengan hari lahirnya Lord Boden Powell, tokoh pendiri gerakan pramuka atau yang sering dikenal dengan sebutan Bapak Pandu Dunia.

Seperti terlihat Senin (22/02/2021) dalam rangka memperingati hari bapak pandu dunia itu, pramuka gugus depan MTsN 4 Sragen menggelar kegiatan penghijauan.

Diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh semua guru pegawai dan perwakilan siswa MTsN 4 Sragen dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto dan kamabigus yang menjadi pembina upacara menjelaskan bahwa Boden Powell merupakan tokoh pramuka dunia berasal dari inggris.

Boden Powell adalah tokoh yang memberikan inspirasi kepada beberapa negara dalam pembinaan kepada generasi muda dan terbentuknya gerakan pramuka di indonesia,” paparnya usai kegiatan.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

Ia kemudian menguraikan pemerintah telah mempercayakan pendidikan karakter generasi muda kepada gerakan pramuka.

Hal iru selaras dengan ditetapkannya Undang-Undang nomor 12 tahun 2010 dan PP nomor 63 tahun 2013 di mana pendidikan kepramukaan merupakan kurikulum ekstra wajib disemua jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Setelah upacara bendera, semua guru pegawai dan perwakilan anggota pramuka MTsN 4 Sragen dikerahkan untuk serentak menanam pohon dan dipimpin oleh kepala Madrasah yang juga Kamabigus.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto saat memimpin kegiatan cinta lingkungan, Senin (22/2/2021). Foto/Wardoyo

Sumanto mengutarakan melalui peringatan boden powell tersebut diharapkan elemen pramuka di MTsN 4 Sragen bisa meneruskan dan menjiwai semangat serta cita-cita mulia bapak pandu dunia.

“Ajaran-ajaran boden powell dijabarkan dalam prinsip-prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Maka dengan berbagai kegiatan pramuka diharapkan untuk bisa meningkatkan perannya dalam membangun generasi bangsa. termasuk untuk selalu mencintai lingkungan dengan menanam pohon sebagai bentuk ikut berupaya dalam penghijauan,” urainya.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Didik Hardi Handoko menambahkan bahwa kegiatan menanam pohon itu juga digencarkan lantaran selaras dengan program pemerintah yang menggelorakan kembali penghijauan.

Lebih dari itu, gerakan penghijauan itu dimaksudkan menanamkan kecintaan siswa terhadap lingkungan. Kemudian penghijauan yang dinilai akan banyak bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

“Kami ingin para siswa bisa mengaplikasikan langsung semangat kepanduan itu dengan kegiatan nyata. Dengan penghijauan dan bersih lingkungan agar mereka punya kepedulian dan jiwa mencintai lingkungan,” tandas Didik.

Ia menambahkan kegiatan penghijauan itu selaras dengan program madrasah menuju madrasah adiwiyata. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com