JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Warga Bandung Mendengar Suara Aneh Seperti Pesawat Tapi Tak Melihat Wujudnya, Pertanda Apa?

Suara dentuman terdengar dari langit Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis pagi 21 Mei 2020. Seperti dua sebelumnya, BMKG memastikan suara bukan dari petir maupun gempa / dok warga / tempo.co
   

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di sisi utara kawasan Bandung, Jawa Barat, sempat terjadi fenomena unik, menarik dan terbilang aneh, pada Kamis (11/2/2021) kemarin.

Warga mendengar  ada suara seperti pesawat yang terbang rendah, dan itu terjadi dua kali. Namun, mereka tidak melihat penampakannya sama sekali.

Mengenai fenomena aneh yang dilaporkan oleh warga setempat itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan penelusuran.

“Penyebab dari suara tersebut masih belum dapat dipastikan. Tapi kemungkinan disebabkan oleh aktivitas manusia,” kata Teguh Rahayu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Kamis (11/2/2021).

BMKG Bandung mendapat laporan dan pertanyaan warga soal suara gemuruh itu yang terdengar pukul 11.12 WIB. Kemudian muncul lagi pada pukul 11.44 WIB.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Warga yang mendengarnya berada di sekitar Jalan dr. Setiabudi dan sekitar lokasi kantor BMKG Bandung di Jalan Cemara, Sukajadi.

Berdasarkan laporan dari masyarakat itu, BMKG Bandung menelusuri dengan peralatan yang ada, yaitu detektor petir, kemagnetan dan cuaca, hingga jaringan seismograf atau pencatat gempa.

Hasilnya, jaringan seismograf BMKG Bandung dari pukul 10.00 – 12.00 WIB tidak merekam adanya aktivitas gempa di sekitar Kota Bandung, Lembang, dan sekitarnya.

Alat detektor petir juga pada periode waktu yang sama tidak mencatat adanya aktivitas petir di sekitar Jalan Cemara sampai radius 20-50 kilometer. Adapun cuaca saat masyarakat mendengar suara gemuruh itu cukup cerah.

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

“Tidak ada perawanan di sekitar lokasi,” kata Rahayu lewat keterangan tertulisnya tersebut.

Suara Dentuman di Bandung, BMKG Pastikan Bukan dari Langit. Hasil data kemagnetan pun tidak menunjukkan adanya anomali atau gangguan di atmosfer.

BMKG juga menanyakan ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Bandung tentang kemungkinan peristiwa di balik suara gemuruh di Bandung.

“Belum ditemukan atau belum teridentifikasi adanya benda luar angkasa di sekitar lokasi kejadian,” ujar Rahayu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com